Home / ABOUT MADUGO / 328 Siswa Dilepas, Semangat Pendidik SMK Madugo buahkan Prestasi Siswanya

328 Siswa Dilepas, Semangat Pendidik SMK Madugo buahkan Prestasi Siswanya

GOMBONG (MadugoNews) – SMK Ma’arif 2 Gombong (SMK Madugo) Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Acara Pelepasan siswa-siswi kelas XII sekaligus pengumuman kelulusan hasil Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2016/2017. Kegiatan yang digelar di halaman sekolah setempat, Selasa 2 Mei 2017 yang juga bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional itu, berlangsung meriah.

Siswa-siswi SMK Ma’arif 2 Gombong yang telah mengikuti Ujian Nasional tahun 2016/2017 terbilang cukup banyak dan merupakan 12 besar siswa terbanyak di tingkat Kabupaten Kebumen yaitu 328 peserta, terdiri dari 39 peserta Jurusan Teknik Audio Video (TAV), 237 peserta Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan 52 peserta Jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara (TP-TU).

Dalam acara tersebut Nampak hadir, Bupati Kebumen Ir. H. Mohammad Yahya Fuad, S.E., yang diwakilkan oleh Asisten I Drs. H. Sabar Iriyanto, Kepala Dikpora Kebumen H. Ahmad Ujang Sugiyono, SH., yang diwakili oleh Kabid Sarpras Drs. H. Sudirman, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama, Ketua PC Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kebumen Dr. Imam Satibi, M.Pd.I, Pendiri dan Sesepuh SMK Ma’arif 2 Gombong, Muspika Gombong, MWC NU Kecamatan Gombong, Komite Sekolah, Tokoh Masyarakat Desa Kemukus, Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Karyawan, orang tua/wali murid serta seluruh siswa kelas XII SMK Ma’arif 2 Gombong.

Penampilan Grup Hadroh Ponpes An-Nahdliyah 2 Gombong pimpinan Arif Rochman, M.Pd.I mengawali keceriaan kegiatan Pengumuman Kelulusan itu, kemudian dilanjutkan nyanyian inggris oleh siswa kelas X dan kelas XI yang tergabung dalam Madugo English Club serta penampilan lainnya seperti puisi, ketoprak, hadroh shalawat simtudduror, tari saman, kuda lumping, silat, gamelan serta Drama musikal yang menceritakan tentang pencarian jati diri.

Penampilan tersebut sangat kocak dan membuat para hadirin memberikan Applause yang meriah karena penampilannya cukup memukau, selain itu, dengan pembawaan pemandu acara yaitu Pameita Kurniawati, S.Pd. dan Gatot Kusmardono, S.Pd. yang khas dan terkesan dapat membaur dengan para tamu undangan, membuat acara ini menjadi semakin hangat.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan diawali bacaan Isti’adah dan Basmallah bersama-sama yang dipandu oleh master of ceremony (MC) Ria Lina Kartika, S.Pd., Deni Setyo Mirawanto, S.Pd., dan Misbakhus Surur, S.Pd.I kemudian dilanjutkan lantunan Tilawatil Qur’an oleh Ustadz Fauzi Mahmud bersama Eko Pribadi Kurniawan (Siswa Kelas XII TKR 6), menyanyikan lagu: Indonesia Raya, Mars Ma’arif dan Hymne Guru oleh paduan suara OSIS SMK Ma’arif 2 Gombong.

Ketua Panitia US dan UN SMK Ma’arif 2 Gombong Imam Sulistiyono, S.Pd. (Sulis) dalam sambutannya, menyampaikan informasi kegiatan belajar mengajar di SMK Ma’arif 2 Gombong yang begitu padat untuk persiapan US dan UN di Tahun Pelajaran 2016/2017 tersebut.

Sulis menambahkan, bahwa UN di SMK Ma’arif 2 Gombong untuk tahun ini telah menggunakan komputer atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), selain itu dirinya juga mengadakan les tambahan dan serangkaian kegiatan seperti Mujahadah, Simulasi UNBK, Uji Kompetensi Keahlian, Ujian Praktik Sekolah (Pendidikan Jasmani dan Olah Raga dan Pendidikan Agama Islam), Ujian Sekolah dan les pengayaan.

Hal ini dilakukan, lanjut Sulis, dalam rangka mempersiapkan kematangan pelaksanaan Ujian Nasional yang dilaksanakan serempak pada tanggal 3-6 April 2017 kemarin. “semoga usaha kita selama ini membawa hasil yang maksimal dan keberkahan dari Allah SWT,” papar ketua yang juga Wakil Kepala bidang Kurikulum itu.

Sementara itu Ketua PC LP Ma’arif NU Kab. Kebumen, Dr. Imam Satibi, M.Pd.I menyampaikan Eksistensi pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Kebumen dari tahun ke tahun selalu meningkat drastis, sehingga memberikan nilai kepercayaan tinggi bagi Perusahaan-perusahaan yang akan merekrut calon tenaga kerja dari siswa lulusan Ma’arif.

Imam menambahkan, bahwa pendidikan adalah investasi yang berharga di masa depan dalam meraih kesuksesan, “dengan mengambil pendidikan di SMK Ma’arif 2 Gombong ini saya yakin kalian akan berhasil nantinya.” Harap Imam.

Tidak hanya itu, Imam juga mengajak kepada para orang tua yang hadir untuk memikirkan pendidikan anaknya, bahwa generasi yang berhasil itu bukan hanya mengukir prestasi di SMK Madugo saja dan setelah itu bekerja, namun kedepan pendidikan juga harus dipikirkan lagi, hal ini sesuai hadist Nabi bahwa “sebagai orang tua diminta untuk mendidik anak sesuai dengan jamannya, karena jaman orang tua dengan jaman anaknya berbeda”. Imbuh Imam seraya mengajak para siswa untuk melanjutkan pendidikan.

Senada dengan yang disampaikan Kepala Dikpora Kebumen H. Ahmad Ujang Sugiyono, SH., yang diwakili oleh Kabid Sarpras Drs. H. Sudirman dalam sambutannya, mengatakan, selamat dan sukses kepada 328 siswa kelas XII SMK Ma’arif 2 Gombong, Dirinya menegaskan bahwa kelulusan itu adalah peristiwa yang harus disyukuri bukan sebaliknya bukan ajang untuk uforia yang tidak ada manfaatnya. “nanti kalau kalian lulus silahkan berbondong-bondong ke masjid atau mushola lakukanlah sujud syukur disana”, imbuh Sudirman.

Sementara itu, sambutan Bupati Kebumen Ir. H. Mohammad Yahya Fuad, S.E., yang dibacakan oleh Asisten I Drs. H. Sabar Iriyanto, juga mengatakan hal yang sama bahwa kelulusan bukanlah akhir sebuah perjalanan pendidikan, namun itu titik awal untuk menentukan masa depan, hendaklah disadari bahwa persaingan dunia kerja dan industri semakin ketak, untuk itu dirinya mengingatkan kepada para siswa untuk mempersiapkan secara mental dan kesadaran tinggi untuk berikhtiar lahir dan bathin.

“SMK Ma’arif 2 Gombong ini saya lihat sudah baik sekali, semoga kesuksesan akan selalu menyertai kalian”, harap Bupati Kebumen asal Gombong itu.

“Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah, 328 siswa SMK Ma’arif 2 Gombong berhasil lulus 100%.” Kata Kepala Sekolah Ngadino, S.Kom ketika membacakan para siswa berprestasi. Pengumuman itupun disambut gembira yang tiada terhingga oleh siswa-siswi SMK Ma’arif 2 Gombong bersama orang tua/wali mereka yang turut hadir di acara ini. Dengan wajah berseri-seri, orang tua/wali siswa mengambil hasil kelulusan dari wali kelas siswa-siswi masing-masing. Semua beban dan pikiran serta perasaan was-was terhadap hasil Ujian Nasional seakan sirna dan berganti gembira.

Dalam sambutannya, Ngadino, S.Kom, menyampaikan kepada siswa-siswi yang telah lulus dan akan meninggalkan SMK Ma’arif 2 Gombong, “seperti biasa kami berpesan bahwa keberhasilan ini sebenarnya merupakan awal dari perjuangan kalian, tuntutlah Ilmu setinggi-tingginya sebagai modal abadi kalian dikemudian hari.” katanya.

“Tiada gading yang tak retak, segala sesuatu tidak ada yang sempurna, pasti ada cacatnya, begitu pula kami segenap pengelola pendidikan di SMK Ma’arif 2 Gombong ini, bayak sekali kesalahan, kekeliruan serta kealpaan kami selama tiga tahun dalam mendidik putra – putri panjenengan semua. untuk itu dihari yang indah ini ijinkanlah kami mengucapkan minta maaf yang setulus-tulusnya. Semoga pertemuan kita selama tiga tahun ini menjadikan ukhuwah yang erat sehingga mendapatkan ridho dan keberkahan dari Allah SWT.” imbuh kepala sekolah yang terkenal dengan sebutan pak Jenggot itu.

–== Sekolah Kembali Kebanjiran Prestasi ==–

Sejak dipercaya menjadi Kepala SMK Madugo, Ngadino, S.Kom beserta dewan guru dan karyawannya terus berupaya untuk mengembangkan dan memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan di sekolah yang dipimpinnya. Hal itu dapat dilihat dalam kurun waktu 2012-2017, banyak prestasi yang diukir anak didiknya, baik dibidang ekskul maupun bidang akademik.

Pria kelahiran Kebumen, 25 November 1973 silam itu mengakui, prestasi yang diraih siswanya adalah sesuatu yang wajib. Dia selalui menghimbau kepada guru-guru agar selalu memberi motivasi kepada anak didiknya agar tidak menjadi yang biasa-biasa saja, namun harus menjadi yang lebih unggul.

Hal itu terbukti hari itu disaat Acara Pelepasan siswa-siswi kelas XII sekaligus pengumuman kelulusan hasil Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2016/2017 siswa siswinya mendapatkan prestasi dan penghargaan dari kejuaraan di berbagai bidang lomba ekskul maupun akademik.

Adapun penghargaan dan prestasi itu diantaranya 10 besar siswa berprestasi Nilai US dan US tertinggi, 3 siswa nilai tertinggi di 3 jurusan, Juara 1 kategori kreatifitas duta wisata tingkat kabupaten, Juara 2 voli IAINU CUP, Juara 1 Geguritan Tingkat Kabupaten, Juara 3 Pidato Tingkat Barlingmascakeb, Juara 2 LKS TAV Tingkat Kabupaten, Juara 2 LKS TPTU Tingkat Propinsi Jateng dan Juara 2 LCC Kebangsaan Tingkat Kabupaten

Sebagai bentuk kepeduliannya kepada anak didik di SMK Madugo, dia terus berupaya memberikan wadah serta fasilitas guna untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional di berbagai bidang. Sehingga, lulusan dari sekolah ini mendapat bekal ilmu yang siap kerja setelah menjadi alumninya nanti.

“Bagi kami apapun kegiatan yang ingin dilakukan oleh siswa asalkan itu baik dan positif hasilnya, maka pihak sekolah akan memberikan dukungan maupun fasilitas serta kami berikan beasiswa dan penghargaan setinggi-tingginya bagi guru dan siswa yang berprestasi.” kata Kepala Sekolah yang mendapat Penghargaan Nasional Sekolah Favorit Admired School Jakarta dan Penghargaan Kepala Sekolah Hebat Tingkat Nasional dari Kitto itu. (Sfd)

Kalau Bermanfaat bantu SHARE ya...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

About saifudin

Check Also

Audit Eksternal, Kasek SMK Madugo: “Melangkah Maju – Mengejar Mutu”

GOMBONG (MadugoNews) – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat serta meningkatnya mutu pendidikan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *