Home / BERITA TERKINI / Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73, SMK Madu Go Banjir 33 Tumpeng

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73, SMK Madu Go Banjir 33 Tumpeng

GOMBONG (MadugoNews) – Berbagai kegiatan unik dilaksanakan oleh masyarakat Indonesia untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 73 tahun 2018. Seperti yang dilakukan oleh SMK Ma’arif 2 Gombong (SMK Madu Go) ini. Dalam rangka memeringati HUT Kemerdekaan RI, pihaknya menggelar berbagai lomba diantaranya menghias tumpeng, Kamis (16/8/2018) pagi.

Menurut pantauan Jurnalis MadugoNews, semua siswa terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Bahkan, semua wali kelas tak segan mengikutinya sambil membantu merias tumpeng dan mendampingi siswanya yang bertujuan untuk memotivasi peserta didiknya agar tumbuh kreasi serta berinovasi dalam bidang tata boga.

Namun demikian, acara tetap berjalan khidmat. Usai pelaksanaan penilaian lomba tumpeng dari Tim Juri anak-anak pun dengan riang gembira dan gegap gempita melakukan makan Bersama. Tak ayal para siswa dengan lahap dan riang gembirapun menyantapnya, sesaat setelah dilakukan doa bersama.

Kegiatan yang dilakukan di halaman sekolah setempat itu, juga dihadiri dan dimeriahkan oleh seluruh warga Sekolah dari dewan Guru dan Karyawan serta 1.113 orang siswa dan siswi SMK Ma’arif 2 Gombong.

Waka Ketenagakerjaan dan Manajemen Mutu SMK Ma’arif 2 Gombong Gatot Kusmardono, S.Pd. ketika dijumpai Jurnalis MadugoNews mengatakan, tumpeng merupakan perwujudan dari sebuah doa. Bentuknya yang mengerucut, melambangkan arah tujuan hidup yang fokus.

Maka dari itu, lanjut Gatot, tidak heran jika hingga saat ini, tumpeng merupakan tradisi yang selalu hadir pada setiap acara-acara sakral yang dilaksanakan oleh masyarakat Jawa. “Dengan adanya tumpeng ini, kami berharap semoga peserta didik SMK Ma’arif 2 Gombong dapat mempunyai arah tujuan hidup yang jelas,” katanya.

Masih kata Gatot, pada perayaan hari Kemerdekaan RI yang ke 73 ini, banyak sekali lomba-lomba yang telah dilaksanakan oleh sekolahnya, baik secara akademik maupun non akademik diantarnya menghias tumpeng, bola voly, bulu tangkis bagi siswa, bulu tangkis bagi guru karyawan, lomba layang-layang, memasukan pensil ke botol, lomba bakiak dan estafet piring. “banyak kegiatan kesiswaan SMK Ma’arif 2 Gombong pun diadakan baru-baru ini,” imbuhnya.

Baca juga :
• Meriahkan Pitulasan, SMK Madugo Gelar Berbagai Lomba

Acara lomba tersebut telah disediakan bermacam doorprize antara lain voucher belanja di koperasi sekolah, alat tulis dan sejumlah uang tunai bagi peserta.

Diungkapkan oleh salah satu peserta lomba Bagas Risyudihantoro P. (16) dari kelas XI TKR 2, bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan sekali. Dirinya berharap acara ini bisa diselenggarakan tiap tahunnya di sekolah, karena bisa mengembangkan bakat siswa yang punya hobi memasak.

“Saya sangat tertarik dan senang mengikuti lomba ini, bisa membangun bakat, pinter bikin masakan, apalagi lomba bikin tumpeng sesuatu hal yang baru bagi saya”, ungkapnya kepada MadugoNews seraya berharap juara di lomba tersebut.

Pada saat dilakukan penilaian oleh tim juri, siswa tidak hanya diam saja. Tetapi mereka menyambutnya dengan yel-yel masing-masing kelas. Yel yang mereka bawakan juga berbeda-beda. Adapun tiga kriteria penilaian, yaitu kekompakkan regu, rasa tumpeng dan ube rampe (hiasan muter) serta keindahan dari hasil hiasan.

Menurut Kepala SMK Ma’arif 2 Gombong Ngadino, S.Kom melalui Waka Kesiswaan Retno Pudjiastuti, S.Pd. yang sekaligus menjadi Juri lomba menyampaikan, kegiatan tersebut selain memeriahkan HUT RI ke 73 pada tahun 2018, juga sebagai sarana untuk merangsang kreatifitas siswa-siswi dalam ketrampilan menghias nasi tumpeng dan meningkatkan jiwa kewirausahaan.

“tujuan lainnya adalah untuk menumbuhkan kecintaan peserta didik terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia yang saat ini merayakan HUT ke 73,” imbuhnya. (sfd)

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Selang seminggu Pilketos, Pengurus OSIS baru dilantik

GOMBONG (MadugoNews) – Menindaklanjuti hasil Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) SMK Ma’arif 2 Gombong (SMK Madu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *