Home / BERITA TERKINI / Be A Muslim Teenager!

Be A Muslim Teenager!

Remaja adalah masa yang indah masa yang penuh dengan pernak- penik kehidupan. Penggalian potensi diri juga akan semakin terlihat. Tapi hati-hati dengan masa remajamu, karena salah jalan saja sudah bisa membuat masa depanmu terancam.

Karena bagaimana nanti kamu dimasa depan, adalah bagaimna kamu menjalani masa mudamu. Jangan pernah sia-siakan masa yang ada sebab nantinya kita akan ditanya olehNya sebagai pertanggungjawaban di akherat kelak. Bagaimana kita mengisinya dan dihabiskan untuk apa umur kita?, sebuah hadist mengatakan. “Tidak beranjak kaki anak Adam dari hadapan Allah hingga ditanya tentang lima hal: tentang umurnya, dihabiskan untuk apa? tentang usia mudanya, diisi dengan apa? tentang hartanya, dari mana dia dapatkan dan digunakan untuk apa? Dan amalannya dari ilmu yang dia miliki?” (HR At Tirmidzi). Nah, apa yang akan kalian jawab nanti.

Tentu saja jika mulut yang menjawab pasti akan terlontar kata-kata yang manis. Tapi bukan mulut, yang akan menjawab melainkan semua anggota tubuh kita yang akan menjawab tanpa ada kedustaan disana. Bagaimana jika tangan kita menjawab, “masa mudaku di gunakann manusia ini untuk sibuk berselancar di dunia maya, memegang yang bukan makhromnya, amat kikir dalam memberi, terlalu malas untuk memegang mushaf, lebih sering pegang gadget, tak bisa memberi konstribusi untuk umat” nah, lho.. kalo tangan dah berbicara seperti itu, mau apa kita, tinggal menunggu waktu saja untuk merasakan panasnya jahanam. Na’udzubillah….

Tapi alangkah indahnya jika tangan kita menjawab seperti ini “masa mudaku digunakan manusia ini untuk senantiasa menulis syiar, memberi kepada sesama, ringan untuk membantu, gemar untuk memegang mushaf, dan senantiasa memberikan konstribusi nyata untuk ummat” alangkah bahagianya jika tangan kita esok akan bekata demikian. La haula walaa kuwata illa billah.

Remaja muslim, bukanlah remaja yang akan menyia-nyiakan waktunya hanya untuk bersenang-senang, bukan juga yang memilih untuk menikmati kehidupan. Remaja muslim adalah ia yang memilih hidupnya unuk berjuang. Menyibukkan dirinya dengan urusan ummat. Terus menggoreskan prestasi dan konstribusi yang nyata bagi ummat. Yang lebih banyak bertindak dari pada membual. Remaja Islam itu seperti Thahlah bin Ubaidillah diusianya yang baru 16 tahun sudah berhasil menjadi pembesar utama barisan Islam di Mekah, menjadi singa podium, atau lihatlah Al-Arqom bin Abil Arqam Al-Makhzumi yang diusia yang sama sudah berani mengambil resiko yang amat besar untuk menjadikan rumahnya sebagai markas dakwah islam selama 13 tahun, itu bukanlah hal yang mudah saat itu, sebab bahaya kan terus membayangi.

Tapi Arqom, telah menaruhkan semua hidupnya untuk jalan dakwah Islam, tak peduli walau bahaya bisa datang kapan saja. Tak ada satupun sahabat Rasulullah yang menggunakan masa remajanya dengan kesia-siaan, mereka mengisinya dengan belajar, berlatih dan berjuang. Lalu bagaimana dengan kita??

Jika sekarang kebanyakan remaja Indonesia sibuk dengan gadget dunia maya, teknologi yang melenakan, film-film yang membodohkan, dan music-music yang penuh dengan kejahiliahan. Cobalah tengok saudara-saudara kita di Palestin sana. Masa remaja mereka telah disibukan untuk berlatih senjata, telinga mereka sudah mulai terbiasakan akan suara tembakan dan dentuman, mata mereka sudah terbiasa dengan pemandangan pilu, darah dan raga-raga yang tak benyawa. Bagaimana perbandingan dengan kita sekarang???

Masih ada waktu untuk memperbaiki. Masih ada waktu untuk menjadi remaja muslim yang sejati. Memulai dari hal yang sederhana, mempelajari dasar-dasar Ilmu Agama dan mau mengamalkannya. Memperbaiki diri secara kaffah. Memulai dari diri kita sendiri. Memperbaiki sholat kita, pakaian kita, berjilbab dengan syar’i, (bagi yang perempuan), karena jilbab sejatinya adalah perintahNya yang nyata, bukan hanya untuk sekedar bergaya, salah besar jika kita jadikan jilbab kita hanya untuk sekedar bergaya, untuk modis sehingga memakainya tanpa aturan ketentuan dalam ajaran Islam, tapi malah mengikuti trend masa kini. Begitu juga dengan budaya pacaran yang tengah menjamur di masa sekarang.

Sudah sepantasnya hal-hal seperti itu kita kikis, hilangkan dari kehidupan remaja. Pacaran adalah kesia-sian belaka, hanya untuk orang-orang yang tak bekomitmen. Pintu gerbang menuju perzinaan dan itu bukanlah jalan yang ditempuh oleh para pencinta sejati.

Remaja muslim, harus senantiasa berusaha untuk memberi kontribusi lebih dan maksimal kepada ummat, berkumpul bersama oang-orang yang sholeh, mencintai masjid sebagai tempat untuk majlis, turut berjuang dalam mengembalikan kejayaan Islam, senantiasa taat pada apa yang telah disyari’atkan. Karena sejatinya tugas kita sebagai manusia adalah beribadah kepada–Nya, dan menjadi kholifah di muka bumi ini.  Be a muslim teenager! Young today leader tomorrow!   |  Khairunnas Anfa’uhum Linnas.

Karya : Stya Rahma Sholehah (Siswi SMA Negeri 1 Gombong Kelas XII IPA)

rahma

_______________________________________________________

Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami.
Layanan Liputan : 081327736138 | Email: saifudinmadugo@yahoo.com

SAIFUDIN-23-1-1024x294

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Ketua Baru IPNU-IPPNU Ranting Sawangan Terpilih lewat Musyawarah Mufakat

KUWARASAN (www.wartagombong.com) – Konferensi Ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *