Home / BERITA TERKINI / BPS Masih Butuhkan Petugas Sensus, Buruan Daftar

BPS Masih Butuhkan Petugas Sensus, Buruan Daftar

KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Lowongan sebagai  petugas lapangan pendataan Sensus Ekonomi tahun 2016 ( PSE 2016) disambut antusias warga masyarakat Kabupaten Kebumen. Dalam beberapa hari terakhir, Kantor Badan Pusat Statistik Kebumen (BPS) yang beralamat di Jalan Arungbinang dibanjiri warga.

Ketua Penyelenggara Sensus Ekonomi tahun 2016 Drs Suratman mengatakan, untuk melakukan Sensus Ekonomi Tahun 2016, Kabupaten Kebumen membutuhkan sebanyak 908 petugas lapangan.

Dari jumlah tersebut dibutuhkan Petugas Pencacah Lapangan (PCL) sebanyak 675 orang dan Petugas Pemeriksa Lapangan (PML) sebanyak 233 orang. Pendaftaran PCL sendiri dibuka mulai tanggal 4 hingga tanggal 18 Januari 2016. Sedangkan pendaftaran PML akan ditutup pada tanggal 28 Januari mendatang.

Tahap selanjutnya yang dilakukan oleh BPS adalah melakukan seleksi Tahap I (administrasi). Hasilnya seleksi tersebut akan diumumkan pada tanggal 21 Januari 2016. Peserta yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti seleksi Tahap II (wawancara dll) yang akan dilaksanakan pada tanggal 10-18 Februari mendatang. “Peserta yang lolos di Tahap  I dapat pula gugur pada seleksi Tahap II,” katanya yang sekaligus menjabat sebagai Kepala Seksi Statistik Distribusi BPS Kebumen.

Dijelaskannya selain wawancara pada seleksi Tahap II juga dilaksanakan penilaian terhadap tulisan. Pasalnya hasil Sensus Ekonomi nantinya akan dibaca menggunakan komputer. Jika tulisannya petugas tidak memenuhi standar maka komputer tidak akan bisa membaca. Hal ini tentu akan sangat berpangaruh terhadap keabsahan hasil sensus. “Tulisan harus jelas dan tegak lurus. Antara huruf O dan D, huruf S dan angka 5 serta huruf  Z dan angka 2 harus jelas perbedaanya jika tidak komputer akan salah dalam membaca,” paparnya.

Suratman menambahkan, petugas yang lolos seleksi dan diterima akan diumumkan pada minggu ke empat Bulan Februari mendatang. Pengumuman dapat dilihat di kantor BPS Kebumen  atau di tiap-tiap kecamatan serta pemberitahuan via SMS. “Keputusan panitia Rekrutmen Sensus Ekonomi 2016 BPS Kebumen tidak dapat diganggu gugat,” ucapnya.

Kepala Kantor BPS Kebumen Drs Sunardi MM mengatakan, pelaksanaan sensus akan dilaksanakan pada tanggal 1-31 Mei 2016 mendatang. Untuk mempersiapkan hal itu maka dibutuhkan PCL dan PML. Sensus Ekonomi ini sangat penting guna pendataan potensi dan pemetaan penduduk. “Sensus Ekonomi akan mendata semua kegiatan ekonomi masyarakat Kebumen, kecuali dalam hal petanian. Pasalnya Sensus Pertanian sudah dilaksanakan sendiri,” tuturnya. (mam)

Source : Kebumen Ekspress (Paling tahu Kebumen)

Supported by:

sponsor_______________________________________________________

Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami.
Layanan Liputan : 081327736138 | Email: saifudinmadugo@yahoo.com

SAIFUDIN-23-1-1024x294

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Ketua Baru IPNU-IPPNU Ranting Sawangan Terpilih lewat Musyawarah Mufakat

KUWARASAN (www.wartagombong.com) – Konferensi Ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *