Home / Jaringan / Cara Setting Access Point Modem Speedy TP-Link

Cara Setting Access Point Modem Speedy TP-Link

Dalam Postingan saya kali ini yang akan dibahas adalah mengenai Cara Setting Access Point Modem Speedy TP-Link.  Sebagai mana kita ketahui bahwa Modem Speedy TP-Link adalah yang paling banyak digunakan di indonesia saat ini. Speedy merupakan layanan internet ADSL yang diberikan Telkom kepada pelanggannya.

cara setting access point modem tp link
pict by powerpc.com.mx

Namun sebagai “orang awam” mungkin masi banyak yang belum mengerti cara melakukan setting Modem Speedy TP-Link utamanya untuk setting access pointnya. Saya ingat beberapa waktu yang lalu ada seorang teman saya yang menanyakan hal yang serupa, yang membuat saya tergerak hatinya untuk membuat postingan ini heheh.

baiklah langsung saja berikut adalah langkah-langkah cara setting Access Point Modem Speedy TP-Link;

Cara Setting Access Point dan Wifi Client :

1. Alat Dan Bahan

  • Access Point
  • Kabel UTP
  • Laptop / PC

2. Cara Setting/Mengkonfigurasi Access Point

  • Langkah pertama yang harus di lakukan adalah menghubungkan Access Point ke Laptop atau PC dengan menggunakan Kabel UTP Jenis Straight, ini di lakukan agar kita dapat mengkonfigurasi Access Point dengan menggunakan Laptop.
  • Untuk mengkonfigurasi access point, terlebih dahulu kita melihat default setingan access point tersebut (IP Address , Username , Password). Misalnya untuk setingan default access point merk TP-LINK terdapat :

IP Adress : 192.168.1.1
Username : admin
Password : admin

  • Setelah itu lakukan juga setting ip address pada Laptop atau pc agar dapat tekoneksi ke Modem. Caranya Buka Control Panel -> Network And Internet -> Network Connection -> Local Area Network (klik kiri 2x) ->Properti -> Internet Protocol Versi 4 (klik 2x). Lalu atur alamat ip yang akan digunakan samakan segmenya dengan ip address dari access point tersebut.

Konfigurasi IP Adrress

  • Selanjtunya buka browser, lalu pada kolom url ketikan alamat ip (192.168.1.1) untuk mengakses laman konfigurasi modem tp-link

Buka Broswer dan Masukkan IP Address Access Point

  • Muncul tampilan form login masukan username dan password yang sudah dilihat sebelumnya

Form Login Access Point Modem Speedy TP Link

  • Kemudian masuk di menu QUICK START

pilih quick start

  • Setelah itu klik RUN WIZARD

pilih run wizard

  • Lanjut klik next
  • Pilih zona sesuai dengan lokasi geografis tempat tinggal kamu,  misalnya dalam tutorial ini saya memilih zona (GMT+08:00) Kuala Lumpur, kenapa Kuala Lumpur ? alasannya karna saya bertempat tinggal di sulawesi, yang zona waktunya sama dengan Kuala Lumpur. selanjutnya  klik next
  • Pilih Dynamic IP Address agar computer client yang melakukan koneksi ke Access Point Kita tidak perlu melakukan setingan IP Address manual dan dapat secara otomatis terhubung ke jaringan internet.
  • Pada Tab Quick Start – Dynamic IP, Biarkan setingan menjadi default, kecuali kamu paham maksuknya, kemudian klik next
  • Isikan SSID untuk membuat nama wireless yang nantinya akan di akses, pada broadcast pilih yes, pada Authentication type pilih keamanan WPA2 (kemanan level tinggi), dan pada kolom Pre-Shared key isikan password wireless yang kalian inginkan (bebas).

Setting SSID Access Point Tp Link

  • Sampai disini  Konfiguras dan penginstalan access point sudah selesasi.
  • Langkah terakhir adalah melakukan restart pada access point

Restart Access Point

3. Melakukan tes koneksi dari komputer / laptop Client.

  • klik pada icon network device PC/Laptop Kalian,  kemudian cari nama SSID sesuai dengan nama SSID Access Point yang telah kita buat. jika di temukan itu artinya kita telah berhasil melakukan setting access point.
  • Pada kolom security key isikan password Access Point yang telah kita buat sebelumnya.
  • Lakukan tes koneksi, dengan cara melakukan ping ke alamat ip Access Point melalui command prompt (CMD) jika tampilan seperti gambar di bawah maka berhasil melakukan koneksi antar perangkat computer / laptop ke acsest point

Melakukan ping ke access poing

Sekian Tutorial Cara Setting Access Point Modem Speedy TP-Link. Share Jika Kalian Merasa artikel ini bermanfaat, silahkan juga mengisi kolom komentar jika ada yang ingin kamu tanyakan 🙂

Supported by:

sponsor_______________________________________________________

Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami.
Layanan Liputan : 081327736138 | Email: saifudinmadugo@yahoo.com

SAIFUDIN-23-1-1024x294

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Apa Itu UEFI? Dan Apa Bedanya dengan Legacy Mode?

Di era teknologi seperti saat ini semua orang pasti sudah mengetahui tentang komponen dari gadget …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *