Home / MADUGO / Guru dan Karyawan SMK Ma’arif 2 Gombong mengikuti Seminar Nasional

Guru dan Karyawan SMK Ma’arif 2 Gombong mengikuti Seminar Nasional

Kebumen (5/9/2014) Guru dan Karyawan SMK Ma’arif 2 Gombong mengikuti Seminar Nasional: Peningkatan Mutu Pendidikan yang bertempat di SMK Ma’arif 1 Kebumen Selasa, 2/9/14 kemarin.

Kegiatan yang diadakan dalam rangka silaturrahim Keluarga Besar Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LPMNU) Kabupaten Kebumen sekaligus Louncing Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen.

Lounching dilaksanakan dengan penabuhan ‘Bedug’ oleh Bupati Kebumen H. Buyar Winarso, SE. didampingi Ketua PC LPM NU Kebumen Dr. Imam Satibi, M.Pd.I, Ketua PCNU Kabupaten Kebumen Drs. Masykur Rozaq, M.Pd.I dan Prof Yudian serta Dr. Agung Pembicara Seminar Kegiatan. Bedug ditabuh sepuluh kali yang menandakan jumlah Program studi yang dibuka pada Universitas Maarif Nahdlatul Ulama tersebut.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan pembacaan Tahlil yang dipimpin oleh Kyai Tahrir Masror, dilanjutkan pembacaan kalam Illahi oleh Santri Ponpes An-Nahdliyah 1 Kebumen, disusul dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Ma’arif oleh seluruh audien.

Dalam sambutannya Ketua PC LPM NU Kebumen Dr. Imam Satibi, M.Pd.I menyampaikan selamat datang dan ucapan terima kasih kepada para peserta yang telah hadir pada acara seminar dan Louncing UMNU Kebumen.

Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Kebumen Drs. Masykur Rozaq, M.Pd.I dalam penyampaian sambutannya “NU harus tetap bersatu demi kemajuan bangsa” beliau menambahkan “salah satu tujuan didirikannya UMNU ini adalah untuk mencerdaskan warga NU khususnya di kabupaten Kebumen guna membangun bangsa.”

Bupati Kebumen H. Buyar Winarso, SE. dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal yang pertama “mengucapkan selamat semoga UMNU menjadi tonggak awal kemajuan Pendidikan NU di Kabupaten Kebumen dan yang lainnya”, beliau menyarankan lulusan SMA/SMK harus dialurkan ke jenjang selanjutnya termasuk di UMNU.

Beliau berharap program sekolah 12 tahun yang dicapai sampai saat ini 60%, harus meningkat 80 – 90 %. Beliau menambahkan Konsep pendidikan bukan hanya penyusunan materi saja, tetapi lebih kearah pemahaman mental dan karakter peserta didik.

“Sebagai pendidik kita harus memperhatikan perilaku anak didik setiap harinya, sehingga kita tahu apa yang harus diterapkan dalam membentuk karakter anak. Harapan dunia pendidikan di Kebumen bisa berkembang dan semakin maju” Pungkas H. Buyar.

Sekilas Tentang UMNU

Nahdlatul Ulama Kebumen memang sudah lama mendambakan berdirinya Universitas yang membuka program studi eksakta dan umum. Karena selama ini baru memiliki STAINU yang telah berubah mejadi IAINU Kebumen.

“Perumusan pertama Universitas ini diawali dari usulan membuka STIKIP di Kebumen pada tahun 2008, saat itu kami bersemangat untuk membuka program studi non agama di STAINU Kebumen kami merncang membuat STIKIP” Tutur Khomsin Ketua Pendiri UMNU Kebumen.

Tahun 2010 keinginan untuk mendirikan Progam Studi ini tidak kendur justeru menguat, bukan lagi STIKIP tapi Universitas. Proposal pun dibuat dengan bantuan pembimbingan penysunan proposal pendirian Universitas dari perguruan tinggi lain, seperti Unsoed dan Undip.

“Selama dua tahun kami melaksanakan Studi Kelayakan, pada tahun 2012 kami diundang Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional di Jakarta untuk mempresentasikan proposal yang telah kami kirim sebelumny, Kami berempat, Saya, Pak Masykur Rozaq, Pak Imam Satibi dan Mas Mustolih, berangkat presentasi di lantai VI Dikti”. Sambung Khomsin.

Dari paparan itu Tim Pendiri UMNU Kebumen menemukan kekurangan berkas, setelah paparan itu menjadi jelaslah apa saja yang harus dipenuhi. “Dalam waktu dua tahun, kami terus-menerus memperbaiki berkas, mulai dari Badan Hukum, Studi Kelayakan dan Dosen, hampir setiap minggu kami tim UMNU Kebumen ke Jakarta untuk mengurus berkas pendirian UMNU itu, Alhamdulillah kini sudah diberikan SK Ijin Operasionalnya” Kenang Khomsin bercerita.

“Bahkan, kadangkala kami ke Jakarta harus menunggu berjam-jam untuk bertemu dengan pejabat yang berwenang menangani berkas kami. Suka dukanya banyak mas” Pungkas Khomsin. (SaifudinMDG)

Kontributor : Saifudin Madu Go dan Darmadi, S.Pd.
Sumber lain : http://kebumennews.com/nu-kebumen-lounching-universitas-maarif/

_______________________________________________________

Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami.
Layanan Liputan : 081327736138 | Email: saifudinmadugo@yahoo.com

SAIFUDIN-23-1-1024x294

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Kasek Ajak siswanya menjadi Generasi terbaik

GOMBONG (saifudinmadugo.com) – Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89 tahun 2017, harus dimaknai sebagai tonggak bagi …

One comment

  1. selamat siang pak saya boleh minta email pak saifudin,soalya ada urusan
    sya murid di smk maarif 2 gombong
    jgn lupa mapir ke blog saya pak http://kuwarasan1.blogspot.co.id

    terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *