Home / BERITA TERKINI / Gus Romi Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan

Gus Romi Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan

GOMBONG (www.wartagombong.com) – Anggota MPR RI Ir. HM. Romahurmuziy MT yang kerap disapa Gus Romi menggelar sosisalisasi empat pilar berbangsa dan bernegara bersama masyarakat di SMK Ma’arif 5 Gombong yang beralamatkan di jalan Lingkar Selatan No. 32 Patemon Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (17/11) pagi.

Acara yang dipusatkan di halaman sekolah setempat ini dihadiri tak kurang dari 500 orang. Mereka adalah siswa Smk Ma’arif 5 Gombong dan Santriwan-santriwati Ponpes An-Nahdliyah 5 Gombong. Hadir pula perwakilan dari badan otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU) seperti IPNU/IPPNU, Fatayat, GP Anshor dan Muslimat NU.

Warga SMK Ma’arif 5 Gombong menyambut baik acara sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut. Melalui sosialisasi itu, masyarakat diajak untuk dapat menyukseskan program pembangunan pemerintah. Seperti halnya pemahaman empat pilar kebangsaan dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam paparannya, Gus Romi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu metode yang sangat efektif bagi generasi muda, khususnya kalangan pelajar untuk mensosialisasikan empat pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dia beralasan hal itu dapat memacu motivasi siswa untuk mendalami nilai-nilai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara serta mengimplementasikan nilai-nilai luhur tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka, sekaligus mengajak generasi muda untuk menjunjung tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam kesempatan itu pula, Romi mengatakan betapa pentingnya generasi muda untuk ikut menjaga kedaulatan bangsa, mejaga moral bangsa dan ikut membangun negeri ini dengan intelektual kebangsaan.

Baca juga: Jadi Khotib Jumat, Gus Romi Ajak Masyarakat untuk teladani Kepemimpinan Rasulullah.

Sementara itu Kepala SMK Ma’arif 5 Gombong Ahmad Shobirin, S.Pd.I ketika dijumpai WartaGombong dikantornya, menuturkan, kegiatan tersebut sangat pas dan menarik untuk diikuti, karena para siswa harus tau tentang 4 pilar kebangsaan tersebut.

Pada era globalisasi ini, lanjut Shobirin, nilai-nilai Pancasila pada diri anak muda (pelajar) sekarang mulai pudar dibuktikan dengan adanya kehidupan yang individualis dan gaya hidup remaja yang hedonis sehingga sosialisasi empat pilar tersebut sangat penting untuk digalakkan kembali.

“Saya berharap sekali dengan memahami dan menghayati nilai-nilai tersebut, generasi muda khususnya pelajar bisa menjaga dan menumbuhkan kembali identitas bangsa yang dikenal sebagai bangsa yang ramah, saling membantu, saling menghormati dan menghargai,” ungkap Kasek aktivis NU yang juga menjabat Wakil Ketua MWCNU Gombong Bidang Pengkaderan itu. (sfd)

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Rayakan Idul Adha, SMK Madu Go Sembelih 10 ekor Kambing.

GOMBONG (MadugoNews) – Keluarga Besar SMK Ma’arif 2 Gombong Kabupaten Kebumen menyembelih sepuluh ekor kambing …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *