Home / BERITA TERKINI / Heboh!! Sambut Kemenangan, Takbir Keliling ramaikan Desa Kedungpuji

Heboh!! Sambut Kemenangan, Takbir Keliling ramaikan Desa Kedungpuji

GOMBONG (NurfalNews) – Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah yang jatuh pada hari Ahad (25/6/2017) Takmir Masjid Nurul Falaah, Desa Kedungpuji, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah mengadakan takbir keliling, Sabtu (24/6) malam.

“Kegiatan takbir keliling desa dilakukan sebagai rasa syukur atas kemenangan setelah satu bulan penuh berpuasa,” kata Ketua Takmir Masjid Nurul Falaah Bambang Purwanto, S.Ag. kepada NurfalNews.

Bambang menambahkan, bahwa Kegiatan Takbir Keliling merupakan agenda rutin Masjid Nurul Falaah yang dilaksanakan tiap tahun saat malam idul fitri. Selain ungkapan rasa syukur akan hadirnya Idul Fitri, kegiatan takbir keliling juga bertujuan untuk syiar umat Islam.

“Semoga tahun depan acara seperti ini lebih semarak lagi dengan memunculkan pertunjukan seperti abit-abitan dan hiburan Islami lainnya untuk menyemarakkan malam kemenangan umat Islam.” harapnya yang turut menyaksikan kegiatan takbir keliling itu.

Ratusan peserta takbir keliling yang terdiri dari jamaah masjid dan mushola di wilayah RW I dan RW II Desa Kedungpuji didominasi para pemuda dan anak-anak itu, berjalan mengikuti korlap takbir yang berada dibarisan paling depan dengan membentangkan Spanduk bertuliskan “Takbir Keliling 1438 H Masjid Nurul Falaah”.

Kegiatan takbir keliling sejauh 3 Km itu, dimulai dan berakhir di Halaman Masjid Nurul Falaah dengan rute mengelilingi jalan utama desa setempat. Antusias ratusan peserta yang ikut sepanjang jalan membawa oncor dengan mengumandangkan takbir dan takmid.

Acara yang rutin dilakukan setiap tahunnya itu sontak mengundang perhatian warga sekitar yang melihat barisan peserta yang mengular sepanjang 500 meter. Gemuruh suara bedug dan gema takbir membuat suasana takbiran menjadi semakin lebih semarak.

Kepala Desa Kedungpuji Yuliono Irmawan, A.Md., ketika dijumpai jurnalis NurfalNews di sela-sela takbir keliling, mengapresiasi kegiatan Takbir Keliling yang diadakan oleh takmir Masjid Nurul Falaah Kedungpuji pada tahun ini memang lebih meriah dari tahun sebelumnya.

Menurut Kades Yuli, masyarakat cukup antusias meramaikan kegiatan takbir keliling, sehingga kehidupan beragama sangat tumbuh dengan mencintai kepada Allah SWT dan Rasulnya Nabi Muhammad SAW.

Selain merupakan syiar Islam, lanjut Yuli, kegiatan tersebut dapat mempererat dan menjalin tali ukhuwah Islamiyyah antar warga Kedungpuji. “Saya yakin pendidikan agama Islam di Kedungpuji sangat baik karena terbukti dengan ratusan warga turut serta mengikuti takbir keliling tersebut,” ujarnya yang juga berharap kegiatan tersebut tidak hanya bernilai syiar saja, namun juga diharapkan mampu menjadi salah satu daya tarik masyarakat untuk mencintai masjid.

Salah satu peserta takbir keliling warga Rt. 01 Rw. 02, Fauzan Afif Lutfiansyah (13), mengungkapkan, acara gema takbir sangat meriah, di setiap rombongan pun berusaha menggemakan takbir sebaik dan sekreatif mungkin.

Selain itu, Fauzan juga merasakan kegembiraannya dengan ikut menabuh bedug sepanjang takbir keliling dengan bergantian dengan temannya. “Semoga acara takbir ini mendapat keberkahan dan ridho dari Allah SWT.” pungkasnya (sfd)

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Back To School, Baca Tipsnya!

Pada hari Senin besok tepatnya tanggal 16 Juli 2018, serempak siswa, guru, karyawan dan akademisi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *