Home / MGMP KKPI / Info Tentang Sistem Pelatihan Simulasi Digital :

Info Tentang Sistem Pelatihan Simulasi Digital :

1.Pelatihan Terbuka
Konsep dalam pelatihan terbuka adalah kompetensi Simulasi Digital dapat dipelajari oleh siapa saja, baik siswa, guru, mahasiswa, dosen, maupun masyarakat umum. Materi Simulasi Digital juga dapat dipelajari melalui mekanisme apa saja, baik pelatihan singkat, pelatihan online, maupun belajar mandiri melalui buku sumber Simulasi Digital, maupun referensi lain yang tersedia di internet. Siapa saja yang telah mempelajari materi Simulasi Digital dapat membuktikan kompetensi yang telah dikuasainya melalui sertifikasi Simulasi Digital.
Untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi Simulasi Digital, setiap peserta harus mengumpulkan 5 sertifikat subkompetensi dari Simulasi Digital. Setelah melalui proses verifikasi, maka peserta harus menyelesaikan strategi pembelajaran dan menyempurnakan hasil karya yang merupakan bagian dari pelatihan tersistem untuk mendapatkan sertifikasi kualifikasi guru.

2. Pelatihan Tersistem
Dalam pelatihan tersistem, peserta adalah calon guru mata pelajaran Simulasi Digital. Untuk dapat mencapai sertifikasi kualifikasi guru mata pelajaran Simulasi Digital, peserta diharapkan menguasai kompetensi SIMDIG dan strategi pembelajaran SIMDIG di SMK, yang pelatihannya dilaksanakan dengan model blended learning yaitu diawali dengan pelatihan tatap muka berdurasi +- 50 jam, yang dilanjutkan dengan pelatihan online, dan juga praktik mandiri untuk mengembangkan hasil karya sesuai dengan program keahlian.

A. Jenis Pelatihan

Untuk mempersiapkan sistem ini sehingga dapat diberlakukan, dilaksanakan berbagai jenis pelatihan yaitu:
1. Pelatihan kompetensi Simulasi Digital
Pelatihan yang bertujuan untuk menguasai kompetensi teknis Simulasi Digital ini, dapat dilaksanakan secara utuh (lima bagian) atau dikombinasikan (beberapa kompetensi) atau dilaksanakan setiap bagian dari subkompetensi Simulasi Digital:
Komunikasi Daring
Kelas Maya
Presentasi Video
Simulasi Visual
Buku Digital

a. Pelatihan Instruktur

Pelatihan instruktur adalah pelatihan yang ditujukan untuk menyiapkan pengajar teknis (instruktur) Simulasi Digital. Untuk mengikuti pelatihan instruktur, peserta diharuskan untuk menguasai kompetensi Simulasi Digital. Dalam pelatihan instruktur, peserta akan mempelajari strategi pelatihan Simulasi Digital dan menyempurnakan hasil karya yang akan digunakan sebagai referensi/contoh produk untuk pelatihan Simulasi Digital.

b. Pelatihan Guru
Pelatihan guru yang dimaksud dalam Simulasi Digital adalah pelatihan calon guru mata pelajaran Simulasi Digital yang akan diterapkan sebagai salah satu mata pelajaran sebagai dasar kompetensi kejuruan di semua program keahlian. Untuk mengikuti pelatihan guru, peserta diharuskan untuk menguasai kompetensi Simulasi Digital. Dalam pelatihan guru, peserta akan mempelajari strategi pembelajaran dan menyempurnakan hasil karya sesuai dengan program keahlian.

c. Pelatihan Master Teacher
Pelatihan master teacher adalah pelatihan yang ditujukan untuk menyiapkan pengajar guru. Untuk mengikuti pelatihan ini, peserta harus memiliki sertifikat kualifikasi guru. Dalam pelatihan ini, peserta akan mempelajari strategi pelatihan guru.

d. Pelatihan Asesor
Pelatihan asesor adalah pelatihan yang ditujukan untuk menyiapkan penguji dalam sertifikasi instruktur, sertifikasi kualifikasi guru, maupun sertifikasi master teacher. Untuk mengikuti pelatihan ini, peserta harus menjadi master teacher. Dalam pelatihan ini, peserta akan mempelajari strategi pengujian untuk instruktur, guru, maupun master teacher. (Ari Kusworo)

_______________________________________________________

Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami.
Layanan Liputan : 081327736138 | Email: saifudinmadugo@yahoo.com

SAIFUDIN-23-1-1024x294

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Bangkitnya Forum MGMP SMK Ma’arif Kabupaten Kebumen

Saifudinamdugo.com (Kebumen) – Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan (PCLP) Ma’arif NU Kabupaten Kebumen mengadakan Kegiatan Musyawarah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *