Home / BERITA TERKINI / Jadi Khotib Jumat, Gus Romi Ajak Masyarakat untuk teladani Kepemimpinan Rasulullah.
Foto, Sumber: www.ppp.or.id

Jadi Khotib Jumat, Gus Romi Ajak Masyarakat untuk teladani Kepemimpinan Rasulullah.

GOMBONG (www.wartagombong.com) – Ketua Umum DPP PPP, Ir. H.M. Romahurmuziy, MT, menjadi khatib shalat Jumat di Masjid Mujahidin, Desa Kemukus Kecamatan Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (17/11) sesaat setelah mengisi Seminar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SMK Ma’arif 5 Gombong.

Baca juga : Seminar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan.

Di hadapan para jamaah shalat jumat di Masjid Mujahidin tersebut, Gus Romi, sapaan akrab Romahurmuziy itu, menekankan tentang pentingnya ketaatan kepada Allah dan RasulNya serta pemimpin yang Adil. “Apalagi saat ini Indonesia tengah dihadapkan pada krisis mental seorang pemimpin, dimana figur seorang pemimpin sudah tak lagi bisa dicontoh oleh rakyatnya,” tandas cucu Menteri Agama ketujuh RI KH. M. Wahib Wahab ini.

Menanggapi kurangnya kepercayaan terhadap pemimpin tersebut, masih dalam isi khotbah Gus Romi, jamaah shalat jumat diajak untuk berperan aktif dalam memilah dan memilih seorang calon pemimpin.

“Memilih seorang pemimpin yang baik itu, bukan hanya yang Muslim saja, namun juga Mukmin artinya seorang pemimpin dalam memimpinnya mau menjalankan segala perintah Allah dan RasulNya serta meninggalkan larangan-laranganNya,” ujar Romi.

Kewajiban menaati pemimpin, lanjut Romi, adalah sebuah aqidah dalam agama Islam, yaitu keyakinan beragama seorang muslim kepada Rabb-nya. “Apabila seorang penguasa atau pemimpin memerintahkannya dengan suatu perintah maka wajib untuk dilaksanakan, selama tidak memaksiati Allah dan Rasulnya, dan jika pemimpin melarang sesuatu, wajib untuk berhenti dan meninggalkannya.” jelas Romi.

Pemimpin adalah para ulama dan para penguasa. Menaati mereka membawa kebaikan agama dan dunia, dan menyelisihi mereka adalah kerusakan agama dan dunia. Para pemimpin adalah ibarat perisai, melindungi jalan-jalan rakyatnya dari oknum yang ingin merusak, mencegah dan mengganggu sistem keamanan di Negaranya.

“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah rasul-Nya, dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al-Qur’an) dan rasul (sunnahNya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” papar Romi mengutip QS. An-Nisa ayat 59.

Tidak hanya itu, Romi juga menjelaskan bahwa seorang pemimpin itu juga harus lemah lembut hatinya, mampu memberikan pelayanan yang baik kepada semua rakyatnya walaupun rakyatnya ada yang tidak senang. Hal demikian itu, sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Dahulu Rasulullah Muhammad SAW, lanjut Romi, dalam memimpin rakyatnya juga selalu lemah lembut, terbukti pada saat Beliau menjadi pemimpin, di sudut pasar Madinah Al Munawarah Beliau selalu menyambangi rakyatnya yaitu seorang pengemis Yahudi yang buta, Rasulullah selalu memberikan bantuan kepadanya karena sudah tua dan tidak bisa bekerja untuk menghidupi dirinya. Hari demi hari Beliau menyuapinya dengan lembut walau orang Yahudi tersebut selalu memakinya.

Itulah teladan yang patut dicontoh seorang pemimpin dimasa sekarang, “Dengan demikian, ketika kita hidup di negara ini dengan meneladani sifat dan sikap Rasulullah maka dapat terciptalah negeri ini yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.” terang alumni Institut Teknologi Bandung ini dalam menutup khotbahnya.

Dalam kunjungannya ke Kebumen, selain Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SMK Ma’arif 5 Gombong, Gus Romi juga menghadiri Sosialisasi Keaslian Mata Uang Rupiah serta Istighosah di Hotel Candi, Karanganyar, Kebumen. (sfd/elkha)

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Ketua Baru IPNU-IPPNU Ranting Sawangan Terpilih lewat Musyawarah Mufakat

KUWARASAN (www.wartagombong.com) – Konferensi Ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *