Home / BERITA TERKINI / Jalin Ukhuwah Islamiyah, RISMA Nurul Falaah Gelar Halal Bihalal

Jalin Ukhuwah Islamiyah, RISMA Nurul Falaah Gelar Halal Bihalal

GOMBONG (NurfalNews) – Suasana berbeda nampak terlihat di Masjid Nurul Falaah Kedungpuji sore itu. Hal ini dikarenakan Remaja Islam Masjid (RISMA) Nurul Falaah tengah menggelar halal bihalal dan silaturrahim keluarga besar Masjid Nurul Falaah Kedungpuji pasca melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1438 H. Bertempat di masjid setempat, jalan balai desa Kedungpuji Rt. 05 Rw. 02 Kedungpuji Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen Selasa, (27/6), acara ini berjalan dengan penuh kekeluargaan.

Masih dalam nuansa bulan syawal, acara yang digelar untuk mempererat jalinan ukhuwah Islamiyyah antara Takmir Masjid, Risma, Alumni Risma dan Jamaah Masjid Nurul Falaah itu, sekaligus menjadi ajang silaturrahim dan saling bertukar pengalaman dari Alumni Risma Nurul Falaah dari Angkatan tahun 1994 s.d. 2017. “Semoga acara ini dapat memberikan kontribusi dan banyak manfaat demi kemajuan Masjid Nurul Falaah dan tegaknya dinul Islam khususnya di desa Kedungpuji,” kata Budiyono, S.Pd. saat memberikan sambutan panitia.

Dengan mengusung tema “Budaya Ilmu dan Kemuliaan Umat Islam”, Hikmah halal bihalal itu diisi oleh Ustadz Bambang Purwanto, S.Ag. sebagai penceramah. Kali ini, Ustad  Bambang menyampaikan materi mengenai pentingnya menguatkan tantangan dakwah khususnya di desa Kedungpuji. “Agar generasi dan kader kuat dalam berdakwah maka harus ada tiga landasan diantaranya, solidaritas sosial, penguatan SDM, jiwa optimis atau kerja keras,” paparnya.

Ustadz yang sekaligus menjadi Ketua Takmir Masjid Nurul Falaah itu, menambahkan, pihaknya dedikasikan Masjid Nurul Falaah itu untuk kemajuan Islam, sebagai pusat ibadah, pusat belajar dan penguatan Umat Islam. “Tantangan dakwah bagi masjid Nurul Falaah pada saat ini adalah Nativisme, Sekularisme dan kristenisasi, ketiga tantangan itu yang harus membuat kita semakin serius mengelola masjid yang kita cintai.” Ungkapnya.

Sementara ikrar silaturrahim perwakilan alumni risma Nurul Falaah kepada pihak Takmir Masjid yang disampaikan oleh Billy Bagus Nurul Alam, S.H. itu, dengan tegas ditirukan oleh semua alumni yang turut hadir pada kesempatan itu. Deklarasipun diserukan “kami Risma dan Alumni Risma Nurul Falaah berkomitmen untuk berkontribusi demi penegakkan dakwah dan kemajuan Masjid Nurul Falaah, semoga yang kita dedikasikan menjadi bukti keIslaman dan Keimanan kita kepada Allah, dan hanya Allah menjadi saksi atas apa yang kita ucapkan,” tandas Billy sembari menambahkan risma di era sekarang harus melek teknologi.

Pada kesempatan itu pula penasehat Takmir Masjid Nurul Falaah Partiman Adi Siswoyo, menerima iklar sakaligus memberikan sambutan hangat kepada semua jamaah yang turut hadir pada acara itu. Dirinya berharap apapun yang menjadi kebutuhan Masjid Nurul Falaah agar mendapat perhatian bersama dan dukungan dari semua pihak.

Lanjutnya, Kedepan mudah-mudahan Masjid Nurul Falaah menjadi lebih maju, berbagai program yang direncanakan dapat terealisasi dengan baik. Melalui sambutannya pula, dirinya mengajak semua hadirin untuk menirukan seruan yel-yel pada malam itu, “Umat Islam Bersatu, Umat Islam Maju, Islam Jaya, Laa Haula wala quwwata illaa billah.” Tandasnya membuat acara semakin semarak.

Madrasah Diniyyah Masjid Nurul Falaah segera terwujud

Dalam rangka menguatkan kader-kader Islam khususnya Risma Nurul Falaah maka perlunya membuat strategi manajemen pendidikan yang berkelanjutan sehingga dapat memberikan bekal pemahaman akidah dan semangat berdakwah lebih mendalam. Hal itu disampaikan kepala TPQ Nurul Falaah Muchyani, S.Pd., pada acara Silaturrahim dan halal bihalal di sesi sambung rasa.

Pada kesempatan itu, Muchyani yang kerap disapa ust Yani itu, menjelaskan pentingnya kebutuhan tempat pendidikan pasca Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) dapat segera terwujud. Pasalnya Madrasah Dinniyah (Madin) sangat penting untuk diwujudkan agar dapat memberikan ruang pendidikan kepada alumni TPQ untuk terus dapat mengaplikasikan ilmunya sehingga mampu menjadi tauladan di masyarakatnya.

“Impian itu sudah lama kami programkan dan Madin rencananya akan dibangun di atas tanah wakaf dari Ibu Hj. Siti Rochyatiningsih seluas ± 10 ubin, namun lagi-lagi kendala biaya pembangunan, untuk itu di acara yang indah ini kami memberikan kesempatan bagi teman-teman untuk bersama-sama mewujudkan Madin tersebut.” Harapnya.

Alumni Risma pun merespon dengan positif wacana tersebut, yang selanjutnya akan dibentuk tim untuk merealisasikan harapan-harapan mulia Masjid Nurul Falaah. Seperti yang disampaikan oleh Senior Alumni Risma Nurul Falaah Arwan Effendy (39), dirinya selaku Presiden Alumni Risma Nurul Falaah akan berkomitmen mengadakan pertemuan secara intensif di luar kota, dengan tujuan untuk merealisasikan harapan-harapan Masjid tersebut.

Tak hanya itu, Arwan Effendy yang kerap disapa mas Wawan itu, juga akan segera merapat dengan segenap alumni untuk membahas solusi dari berbagai persoalan dan probematika yang ada di Masjid Nurul Falaah termasuk menggalang dana Alumni untuk kebutuhan Madin. (sfd)

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Back To School, Baca Tipsnya!

Pada hari Senin besok tepatnya tanggal 16 Juli 2018, serempak siswa, guru, karyawan dan akademisi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *