Home / Jaringan / Jaringan Komputer: Pengertian, Manfaat dan Macam-macam Jaringan Komputer

Jaringan Komputer: Pengertian, Manfaat dan Macam-macam Jaringan Komputer

A. Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang di dalamnya terdiri dari beberapa komputer dan perangkat-perangkat jaringan yang dapat saling terhubung, antara satu dengan yang lainnya melalui media transmisi kabel maupun nirkabel, sehingga dapat saling berbagi (sharing) data, aplikasi maupun berbagi penggunaan perangkat keras antar komputer.

Jaringan Komputer juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua perangkat komputer atau lebih yang dapat saling terhubung dan berbagi data.

B. Tujuan dan Peranan Jaringan Komputer

  • Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar pengelolaan data dan informasi perusahaan dapat berjalan lebih efisien
  • Agar data/informasi yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.
  • Untuk mempermudah pekerjaan.
  • Agar kelompok kerja dapat berkomunikasi dengan lebih baik.
  • Untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer  sehingga dapat diperoleh suatu data yang relevan. Jaringan komputer memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah.

C. Manfaat Jaringan Komputer

Berbicara mengenai manfaat ada sangat banyak sekali manfaat dari jaringan komputer yang akan sangat panjang jika membahas semuanya, berikut di antaranya :

  • Resource Sharing, dengan adanya jaringan komputer, kita bisa saling (sharing) berbagi data, mengakses file dan menggunakan bersama sumber daya yang ada (perangkat keras komputer misal, Printer dan Scanner).

contohnya dalam suatu kantor, seorang karyawan dari lantai 1 ingin melakukan print sebuah foto atau dokument, namun di karenakan printer di ruangannya rusak, iya akhirnya melakukan print foto atau dokumentnya dengan menggunakan printer yang ada di lantai 2 yang telah di sharing dari ruangannya yang ada di lantai 1.

  • Dengan adanya Jaringan Komputer akan membuat  proses pengiriman data menjadi lebih cepat dan efisien.
  • Jaringan Komputer membantu kita agar tetap dapat terhubung dengan, keluarga, sahabat atau orang lain dari berbagai tempat di belahan dunia lainnya.
  • Dengan bantuan jaringan komputer jugalah sehingga membuat kita dapat mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time.
  • Kita dapat mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah melalui media-media onlineyang ada di internet dikarenakan internet juga merupakan salah satu contoh dari jaringan komputer.

D. Macam-Macam Jaringan Komputer

Pada dasarnya jaringan komputer di bagi ke dalam beberapa kategori, yakni berdasarkan jangkauan geografis, berdasarkan jenis topologi yang digunakan, distribusi sumber informasi (data), media transmisi data, serta peranan/fungsinya. Berikut penjelasan lengkapnya :

Baca Juga: Pengertian Komputer Secara Etimologi dan Menurut Para Ahli

1. Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis

  • LAN (Local Area Network)

Merupakan jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil saja, luas areanya antara 1 – 10 km persegi,  umumnya jaringan ini digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi, warnet, sekolah dan work station (stasiun kerja) di dalam kantor sebuah perusahaan, pabrik untuk menggunakan bersama sumber daya (misal penggunaan persama printer, berbagi data dan informasi).

Yang umum di jumpai, Jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10, 100, hingga 1000 MB/s.

Selain menggunakan teknologi Ethernet, tak sedikit juga yang menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jaringan LAN.

Contohnya hotspot pada Cafe, atau Warkop yang menggunakan jaringan nirkabel (Wi-Fi)

  • MAN (Metropolitan Area Network)

Merupakan perluasan dari jaringan LAN, jaringan ini mencakup suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi. Dapat disimpulkan bahwa jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN.

 Jangakauan dari jaringan MAN adalah antara 10-50 km. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak     dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi membuat rancangan menjadi lebih simple.

  • WAN (Wide Area Network)

Merupakan jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang sangat luas, semisal sebuah negara bahkan benua.

WAN umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain yang berada di tempat lainnya di belahan dunia.

2. Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi Yang Digunakan

Topologi merupakan bentuk/struktur jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan yang lain, berikut beberapa topologi jaringan komputer;

  • Topologi bus
  • Topologi bintang
  • Topologi cincin
  • Topologi mesh
  • Topologi pohon
  • Topologi linier

untuk uraian lengkapnya silahkan baca ini: Pengertian dan Macam-macam Topologi Jaringan Komputer

3. Jaringan Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/ Data

  • Jaringan Terpusat (Host Based Network)

Yang dimaksud jaringan terpusat adalah jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server dimana komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi/data yang berasal dari komputer server.

Dalam jaringan terpusat, terdapat istilah dumb terminal (terminal bisu), dimana terminal ini tidak memiliki alat pemroses data.

  •  Jaringan Terdistribusi (Distributed Network)

Jaringa terdistibusi merupakan hasil perpaduan dari beberapa jaringan terpusat sehingga memungkinkan beberapa komputer server dan client yang saling terhubung membentuk suatu sistem jaringan tertentu.

4. Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi Data yang Digunakan

  • Jaringan Berkabel (Wired Network)

Media transmisi data yang digunakan dalam jaringan ini berupa kabel.Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya agar bisa saling bertukar informasi/data atau terhubung dengan internet.

Salah satu media transmisi yang digunakan dalam wired network adalah kabel UTP dan STP.

  • Jaringan Nirkabel (Wi-FI)

Dalam jaringan ini diperlukan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi datanya. Berbeda dengan jaringan berkabel (wired network), jaringan ini tidak menggunakan kabel sebagai media transmisi datanya untuk menghubungkan dengan komputer lain melainkan, menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi/data antar komputer satu dengan komputer lainnya. Jaringan Nirkabel mengguunakan Perangkat Wireless sebagai salah satu media transmisinya.

5. Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsi/Peranannya

  • Jaringan Client-Server 

Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer server dan komputer client. umumnya jaringan Client-Server terdiri dari satu komputer server dan beberapa komputer client.

Komputer Server sendiri bertugas untuk menyediakan sumber daya data, sedangkan komputer client hanya dapat menggunakan sumber daya data tersebut.

  • Jaringan Peer to Peer

Jaringan Peer to Peer merupakan jaringan yang menghubungkan 2 buah komputer dengan menggunakan media transmisi kabel dan nirkabel.

Dalam jaringan Peer to Peer baik komputer server maupun komputer client ke duanya memiliki kedudukan yang sama.

artinya komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya komputer client juga dapat di jadikan komputer server sesuai kebutuhan kita.

Demikian artikel mengenai Jaringan Komputer, Pengertian, Manfaat dan Macam-macam Jaringan Komputer. Silahkan di share jika kalian merasa artikel ini bermanfaat 🙂

Supported by:

sponsor_______________________________________________________

Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami.
Layanan Liputan : 081327736138 | Email: saifudinmadugo@yahoo.com

SAIFUDIN-23-1-1024x294

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Apa Itu UEFI? Dan Apa Bedanya dengan Legacy Mode?

Di era teknologi seperti saat ini semua orang pasti sudah mengetahui tentang komponen dari gadget …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *