Home / BERITA TERKINI / Latih Kemandirian Siswa, MI Muhammadiyah Klopogodo Gelar Mabit

Latih Kemandirian Siswa, MI Muhammadiyah Klopogodo Gelar Mabit

Saifudinmadugo.com (Gombong) – Sekolah Alam Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Klopogodo yang beralamatkan di Jalan Ampel nomor 444 Klopogodo Gombong mengadakan Malam Bina Iman dan Takwa (Mabit) yang diselenggarakan di sekolah setempat Ahad malam (7/2).

Kegiatan Mabit yang diikuti sebanyak 89 siswa kelas IV, V dan VI tersebut bertujuan untuk melatih kemandirian siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Klopogodo sehingga menjadi kader yang tanggung dan kuat jasmani serta rokhaninya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Mohammad Nurwahid mengatakan, tujuan diselenggarakan Mabit ini selain untuk melatih kemandirian siswa MI, kegiatan mabit tersebut juga bertujuan menumbuhkan sikap percaya diri, tanggung jawab, melatih sikap atau karakter positif pada diri anak, serta sebagai langkah awal untuk membekali siswa agar lebih mengenal pondok pesantren.

Kegiatan Mabit tersebut dimulai pukul 16.00 WIB sore dan dibuka secara resmi oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Klopogodo Sugiasih, S.Pd.I. “Selama kegiatan berlangsung materi lebih kami tekankan kepada kemandirian, tanggung jawab dan percaya diri, serta aqidah dan nilai-nilai keagamaan” ujar Wahid saat ditemui saifudinmadugo.com di sela-sela kegiatan, Ahad (7/2/2016) petang.

Sementara itu, Waka Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Ragil Purwanto, S.Pd. menambahkan acara mabit tersebut bukan merupakan ajang main-main. Tetapi untuk meningkatkan kualitas iman dan ketaqwaan. “Kalau akhlaknya baik, yang pasti prestasinya juga baik insya Allah,” ungkapnya.

Ragil menambahkan, dalam kegiatan Mabit tersebut selain meteri keagamaan, siswa juga dikenalkan tentang bagaimana tata cara takziyah dan Ziarah dengan memanfaatkan alat teknologi yaitu dengan menggunakan metode audio visual.

Menurutnya, menyikapi pengaruh kemajuan teknologi yang canggih saat ini memang sangat bermanfaat bagi siswa. Akan Tetapi, ketika dibandingkan yang positif dan negatifnya, masih banyak dampak negatif yang ditimbulkannya. Ia menambahkan, usaha sekolah kami dengan memberikan pengetahuan Emosional Spiritual Question (ESQ) kepada siswa, khususnya pengetahuan keagamaan insya Allah anak akan lebih berhati-hati dan terkendali dalam menggunakan alat teknologi, informasi dan komunikasi.

“Diharapkan siswa dapat menyaring mana yang baik untuk dilakukannya dan mana yang buruk untuk tidak dilakukannya, selain itu kami tekankan kegiatan yang sifatnya menggunakan Teknologi, Informasi dan Komunikasi harus ada pendampingan orang tua serta ustadz/ustadzah disini.” Terangnya.

Pelaksanaan mabit ini diharapkan memberikan dampak yang positif dalam membentuk karakter siswa MI Muhammadiyah Klopogodo yang berakhlaqul karimah. “Semoga dengan adanya kegiatan mabit kali ini, memberikan motivasi kepada siswa untuk terus menambah ilmu dan lebih mencintai Allah dan RasulNya,” Imbuh Ragil.

Kegiatan yang setiap tahunnya digelar tersebut, diharapkan ada kesan positif yang didapat dari para peserta yang mengikut acara mabit. Tidak hanya itu, mereka juga berharap kegiatan mabit kali ini benar-benar mendapatkan ilmu yang bermanfaat baik di dunia maupun di akhirat, serta menjadi kegiatan keagamaan yang berguna.

Sebanyak 89 anak dari kelas 4 – 6 ini tampak semangat, terlihat saat mengikuti semua rangkaian acara yang dibawakan oleh para pemateri. Hal ini dirasakan oleh salah seorang siswa peserta dari kelas V, Bagas Khoiruddin (11) ketika dijumpai saifudinmadugo.com, dia mengaku merasa senang mengikuti acara tersebut pasalnya dengan kegiatan Mabit ini menjadi tambah ilmu, merasakan indahnya kebersamaan dengan teman-teman dan dapat belajar mandiri tanpa bantuan orang tua.

“…setelah usai kegiatan mabit ini, saya harus lebih mandiri dan rajin dalam beribadah kepada Allah SWT dan berbuat baik kepada kedua orang tua saya,” ungkap siswa yang duduk di bangku kelas V itu. (SaifudinMDG)

Supported  by :

sponsor____________________________________________________________

Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami.
Layanan Liputan dan Iklan di Website kami : 081327736138 Email: saifudinmadugo@yahoo.com

sponsor2

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Back To School, Baca Tipsnya!

Pada hari Senin besok tepatnya tanggal 16 Juli 2018, serempak siswa, guru, karyawan dan akademisi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *