Home / BERITA TERKINI / Membuat Teks Berjalan (Running Text) Di Microsoft PowerPoint

Membuat Teks Berjalan (Running Text) Di Microsoft PowerPoint

Anda yang sudah terbiasa menggunakan paket aplikasi Microsoft Office, tentu tidak asing dengan salah satu aplikasi yang ada di dalamnya yaitu Microsoft PowerPoint. Microsoft PowerPoint adalah aplikasi grafis dan visual buatan Microsoft yang ditujukan khusus untuk membuat presentasi.

Dengan Microsoft PowerPoint ini, Anda dapat membuat dan menyajikan “slide show” yang mengkombinasikan obyek-obyek slide seperti teks, bentuk, gambar, grafik, animasi, diagram, video dan masih banyak lagi. Sampai saat ini, Microsoft PowerPoint masih menjadi aplikasi presentasi yang terbaik.

Salah satu fitur Microsoft PowerPoint yang membuat hasil presentasi bisa tampil hidup adalah fitur animasi (animation). Dalam pengertian sederhana, animasi adalah sesuatu yang membuat obyek di slide bergerak. Animasi di Microsoft PowerPoint tidak sulit digunakan karena sudah adanya fungsi bawaan (built-in function) untuk aneka animasi.

Di artikel kali ini, akan diberikan contoh penggunaan animasi untuk membuat teks berjalan (running text) di Microsoft PowerPoint 2010 sebagaimana teks berjalan yang sering Anda lihat di bagian bawah dari layar televisi ketika ada berita teks jalan.

Berikut Langkah Membuat Running Text:

Jalankan aplikasi Microsoft PowerPoint, kemudian sisipkan obyek Text Box/Word Art dan kemudian ketikkan teks di dalamnya (dalam contoh ini adalah teks “BELAJAR MEMBUAT RUNNING TEXT“, namun Anda dapat mengetik teks apapun yang diinginkan).

https://4.bp.blogspot.com/-CHXGFSmTfp8/WALDBcUcT2I/AAAAAAAACVM/WHh1XNryeMASi9rybV2BAWbFvk00_XKMACEw/s1600/1.jpg

Gandakan teks “BELAJAR MEMBUAT RUNNING TEXT” tersebut dan kemudian letakkan salinannya ke bagian atasnya untuk kemudahan dalam penyeleksian nantinya.

Untuk lebih memudahkan mengingat, teks yang digandakan tadi (posisi atas) diberi warna (disini warna hijau)

Pilih atau klik kelompok teks pertama untuk diberi animasi.

 

Pastikan Anda berada di tab ANIMATIONS dan kemudian klik tombol Add Animation. Arahkan pointer mouse ke bagian bawah dan kemudian klik atau pilih More Entrance Effects… untuk menampilkan kotak dialog Add Entrance Effect. Di kotak dialog ini, pilih effect Fly In dan kemudian klik tombol OK.

Pastikan Anda masih berada di tab ANIMATION dan kemudian klik tombol Animation Pane untuk menampilkan jendela Animation Pane yang diposisikan di area sebelah kanan. Klik tombol anak panah ke bawah dari effect yang sudah dibuat sebelumnya Anda pilih pada start: With Previous dan kemudian klik menu Effect Options.

Masih di kotak dialog Fly In, pilih tab Effect untuk kotak drop-down berlabel Direction, pilih From Right, kemudian pilih tab Timing pada Duration pilih very slow dan pada Repeat pilih Until End of Slide

Kemudian klik OK

Yang berikutnya, pilih atau klik kelompok teks kedua untuk diberi animasi.

Pastikan lagi Anda masih berada di tab ANIMATIONS dan kemudian pilih tombol Add Animation. Arahkan pointer mouse ke bagian bawah dan kemudian klik atau pilih More Exit Effects… untuk menampilkan kotak dialog Add ExitEffect. Di kotak dialog ini, pilih effect Fly Out dan kemudian klik tombol OK.

Masih di tab ANIMATION, klik tombol Animation Pane untuk menampilkan jendela Animation Pane yang diposisikan di area sebelah kanan. Klik tombol anak panah ke bawah dari effect yang sudah dibuat sebelumnya dan kemudian klik menu Effect Options…

Di tab Effect dari kotak dialog Fly Out yang muncul, pilih To Left dari kotak drop-down berlabel Direction.

Masih di kotak dialog Fly Out, pilih tab Timing dan isikan sesuai dengan gambar di bawah untuk kotak drop-down berlabel Start, Duration dan Repeat. (sama persis seperti teks yang pertama)

Langkah terakhir adalah gabungkan kelompok teks kedua ke kelompok teks pertama dengan menggesernya. Usahakan posisi kedua kelompok teks tersebut tepat dan saling meliputi. Simpan terlebih dahulu hasil pekerjaan Anda ini dan kemudian jalankan slide show untuk melihat animasi running teks.

Jadi dech…

Selamat mencoba

Semoga bermanfaat.

Supported by:_______________________________________________________

sponsor

Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami. Layanan Liputan : 081327736138 | Email:saifudinmadugo@yahoo.com
SAIFUDIN-23-1-1024x294

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Apa sih printer multifungsi yang hemat dan bagus?

GOMBONG (wartagombong.com) – Saat ini memang banyak pilihan printer multifungsi atau istilah lain adalah printer …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *