Home / BERITA TERKINI / Merajut Karakter Bangsa, Gus Romi serukan 4 Pilar Kebangsaan

Merajut Karakter Bangsa, Gus Romi serukan 4 Pilar Kebangsaan

KEBUMEN (www.saifudinmadugo.com) – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) komisi XI, Ir. H.M. Romahurmuziy, MT atau yang lebih dikenal dengan Gus Romi menggelar sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan bersama Generasi Muda Pembangun Indonesia melalui Lomba Cerdas Cermat (LCC) tingkat SMA/MA/SMK se Kabupaten Kebumen, Selasa (14/3/17) kemarin.

Menurutnya, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mensosialiasikan nilai-nilai luhur 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang. Kegiatan tersebut diikuti 25 regu dari Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Kebumen yang  diselenggarakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen.

Dalam kesempatan itu, nampak hadir Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) komisi XI, Ir. H.M Romahurmuziy, MT., Bupati Kebumen Ir. H. Mohammad Yahya Fuad, s.e., Jajaran Dinas Dikpora Kebumen, para peserta LCC tingkat SMA/MA/SMK serta Pembimbing lomba dari sekolah-sekolah yang mengikuti.

Antusias terlihat tidak hanya datang dari peserta saja, tetapi juga dari para guru pembimbing, para juri dan segenap supporter yang ikut serta menyaksikan acara Lomba Cerdas Cermat (LCC) tingkat SMA/MA/SMK 4 pilar Kebangsaan tersebut.

Gus Romi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu metode yang sangat efektif bagi generasi muda, khususnya kalangan pelajar untuk mensosialisasikan empat pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dia beralasan hal itu dapat memacu motivasi siswa untuk mendalami nilai-nilai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara serta mengimplementasikan nilai-nilai luhur tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka, sekaligus mengajak generasi muda untuk menjunjung tinggi NKRI.

SOSIALISI BEREFEK PRESTASI

Kegiatan sosialisasi yang dilanjutkan dengan Lomba Cerdas Cermat (LCC) 4 Pilar Kebangsaan itu, dijuarai oleh MAN 2 Kebumen dan disusul juara 2 dari SMK Ma’arif 2 Gombong, setelah mereka bersaing ketat di babak penyisihan dan grand final yang sempat membuat para juri terperangah dengan jawaban-jawaban yang terlontar dari peserta lomba.

Ketika ditemui jurnalis SaifudinMadugo.com, Kepala SMK Ma’arif 2 Gombong Ngadino, S.Kom mengungkapkan apresiasi yang luar biasa bagi Tim SMK Ma’arif 2 Gombong yang telah meraih juara 2 dalam lomba tersebut.

“kami dari keluarga Besar SMK Ma’arif 2 Gombong merasa sangat tersanjung dengan kegiatan tersebut, ini kali pertama kami mengikuti LCC 4 pilar kebangsaan, dengan waktu latihan yang cukup singkat dan sosialisasi yang mepet, Alhamdulillah sekolah kami mendapat juara 2 dari 25 peserta lomba.” terang kepala sekolah yang terkenal dengan sebutan Pak Jenggot itu.

Ngadino menambahkan, lomba ini erat kaitannya dengan kegiatan Ngaji Kebangsaan yang baru-baru ini dilaksanakan di Lapangan Manunggal Gombong Kebumen, yang sedianya diisi oleh Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya dari Pekalongan, yang bertujuan memberikan pendidikan bagi kader penerus bangsa untuk memupuk rasa patriotisme, cinta tanah air, bendera, bahasa, pancasila dan UUD 1945.

Hal ini merupakan bentuk sosialisasi penting kepada para generasi muda untuk menjadi patriot penerus bangsa, menjunjung NKRI dengan keberagaman yang luar biasa. “Mudah-mudahan sosialisasi dan LCC tersebut bukan hanya diadakan sekali ini saja, namun ada kelanjutan-kelanjutannya, sehingga dapat memberikan pemahaman tentang nilai-nilai empat pilar kebangsaan kepada generasi remaja terutama diranah sekolah SMP maupun SMA/SMK khususnya di Kabupaten Kebumen.” harap Ngadino.

Sementara itu ditemui di tempat terpisah, pembimbing lomba LCC dari SMK Ma’arif 2 Gombong, Desy Nugraheni, S.Pd. menyampaikan rasa bangganya kepada anak-anak didiknya yang telah berjuang sehingga mampu mengharumkan nama baik SMK Ma’arif 2 Gombong.

“saya bangga atas prestasi ini, anak-anak sangat luar biasa dalam perjuangannya, semoga kedepannya mereka lebih berprestasi, namun yang lebih penting lagi adalah mereka dapat mengamalkan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan dengan hati tulus dan ikhlas sesuai pesan Gus Romi”. Imbuh Desy. (Drm/Sfd)

Supported  by :

sponsor_____________________________________________________

Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami.
Layanan Liputan dan Iklan di Website kami : 081327736138 Email: saifudinmadugo@yahoo.com

sponsor2

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Ketua Baru IPNU-IPPNU Ranting Sawangan Terpilih lewat Musyawarah Mufakat

KUWARASAN (www.wartagombong.com) – Konferensi Ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *