Home / BERITA TERKINI / Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan Masyarakat, Disnakertransos Kebumen Gelar Pelatihan Memasak

Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan Masyarakat, Disnakertransos Kebumen Gelar Pelatihan Memasak

Saifudinmadugo.com (Gombong) – Dalam rangka mewujudkan peningkatan ekonomi dan peningkatan jiwa kewirausahaan masyarakat sekaligus menambah wawasan dan keterampilan, Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Kebumen bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Kedungpuji Kecamatan Gombong menggelar pelatihan memasak yang diselenggarakan di Aula Balai Desa Kedungpuji selama 5 hari yang dimulai sejak Rabu (25/5) kemarin.

Peserta pelatihan memasak tersebut adalah ibu-ibu sebanyak 20 orang yang terdiri dari 16 orang dari desa Kedungpuji dan 4 orang lainnya dari desa Wero Kecamatan Gombong.

Kepala Desa Kedungpuji Yuliono Irmawan, A.Md. ketika dijumpai saifudinmadugo.com mengatakan, bahwa kegiatan pelatihan memasak tersebut bertujuan untuk membekali keterampilan memasak yang lebih profesional sehingga dapat menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan bagi para ibu-ibu.

Kades Yuli menambahkan, kegiatan tersebut juga untuk memberdayakan masyarakat khususnya kaum ibu-ibu, “setelah pelatihan ini para peserta diharapkan dapat mengembangkan ilmunya untuk usaha dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga,” harap Yuli.

Sementara itu, pembimbing pelatihan memasak Wahyuni didampingi rekannya Septiyoningsih yang merupakan mitra Disnakertransos ketika ditanya saifudinmadugo.com di lokasi tempat pelatihan, Jumat (27/5) siang, Wahyuni mengatakan bahwa pelatihan memasak tersebut merupakan program dari Disnakertransos Kebumen APBD 2016 yang bertujuan untuk melatih dan meningkatkan jiwa kewirausahaan tenaga kerja yang siap pakai.

Di pelatihan ini, lanjut Wahyuni, materi yang diajarkan kepada para peserta adalah membuat kripik singkong, saos tomat, bumbu tabur, kripik sale dan onde-onde ketawa. Teknik dalam pelatihan memasak tersebut, menurutnya sebelum dilakukan praktik memasak peserta yang sebagian besar para ibu-ibu, diberi pelajaran teori. Setelah diberi pemahaman teori sekitar 2 jam pihaknya bersama peserta kemudian melakukan praktik. Setiap hari latihan dilaksanakan dari pukul 08.00 hingga pukul 14.00.

“Dengan adanya pelatihan memasak berbagai aneka bagi kaum wanita itu, paling tidak Pemerintah Kabupaten Kebumen sudah memberikan bekal keterampilan memasak bagi kaum wanita khususnya di desa Kedungpuji, dengan demikian jika kaum wanita memiliki keterampilan masak-memasak, akan dapat mengurangi pengeluaran anggaran rumah tangganya, suami pun akan senang dengan masakan istri sendiri.” terang Wahyuni yang pernah menjadi pegawai di Balai Latihan Kerja (BLK) Kecamatan Gombong.

Program tersebut direspon baik oleh para peserta, para ibu yang telah mengikuti keterampilan memasak nantinya dapat usaha jualan berbagai aneka masakan, sehingga bila usahanya berhasil otomatis dapat meningkatkan perekonomian rumah tangga mereka. Beberapa peserta yang ditanya saifudinmadugo.com mengatakan merasa senang mengikuti pelatihan memasak tersebut, mereka berharap ada kelanjutan untuk diadakan pelatihan lagi. (SaifudinMDG)

Supported  by :

sponsor_____________________________________________________

Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami.
Layanan Liputan dan Iklan di Website kami : 081327736138 Email: saifudinmadugo@yahoo.com

sponsor2

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Contoh RPP Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas 12

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan            : SMK Ma’arif 2 Gombong Bidang Keahlian               : …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *