Home / BERITA TERKINI / PENGURUS RESMI DILANTIK, BUMDES ESA KEDUNGPUJI LANGSUNG KERJA MAJUKAN DESA

PENGURUS RESMI DILANTIK, BUMDES ESA KEDUNGPUJI LANGSUNG KERJA MAJUKAN DESA

GOMBONG (ESA.News) – Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ESA Desa Kedungpuji, Kecamatan Gombong resmi dilantik, Rabu (17/10) malam. Pelantikan dilaksanakan di Aula Balai Desa Kedungpuji, Kecamatan Gombong dipimpin Kepala Desa Yuliono Irmawan, A.Md. Usai dilantik para pengurus BUMDes diminta segera langsung bekerja salah satu tugasnya yakni memberikan kontribusi untuk memajukan desa dengan potensi yang ada.

Acara yang bertajuk “Mari Bersinergi Membangun Desa” ini dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat mulai dari Ketua RT, Ketua RW, Pemerintahan Desa, Lembaga-Lembaga Desa, Tokoh Masyarakat, Pihak Kecamatan, Pendamping Lokal Desa Dwi Agung Lestari S.Pd., dan seluruh pengurus BUMDes ESA Desa Kedungpuji.

Kepala Desa Kedungpuji Yuliono Irmawan, A.Md. mengatakan, pelantikan pengurus BUMDes dilaksanakan sesuai Surat Keputusan Kepala Desa Kedungpuji Nomor : 11 tahun 2018 tentang Pembentukan Tim Pengurus dan Pokja Pelaksana BUMDes. Pengurus yang dilantik sebanyak 18 orang dengan Direktur Sefudin, S.E., S.Kom.

Pemerintah Desa Kedungpuji, Kecamatan Gombong sudah sejak Januari 2016 lalu melakukan persiapan dengan merancang pembentukan BUMDes. Bentuk persiapan salah satunya berkaitan dengan penyusunan pengurus dan program kerja oleh masyarakat melalui Tim 9. Setelah sekian lama ditunggu akhirnya pelantikan bisa terlaksana.

“Total ada delapan belas orang ditunjuk sebagai pengurus BUMDes untuk menjalankan sejumlah program yang sudah direncanakan. Program utama kerja pengurus BUMDes salah satunya berkaitan dengan pengelolaan sumber potensi yang dimiliki desa untuk meningkat tambahan sumber penghasilan.” paparnya.

Salah satu program yang akan dilakukan BUMDes ESA berkaitan dengan pengentasan kemiskinan dengan mengawali perdagangan untuk raskin. “Pengurus BUMDes kami minta untuk aktif bekerja dan kreatif dalam melaksanakan tugasnya. Sebab tidak mudah dalam menjalankan BUMDes sebab banyak tugas dan program kerja yang harus dikerjakan,” ujarnya.

Dalam pelaksanaanya Pemerintah Desa Kedungpuji, Kecamatan Gombong akan terus melakukan pemantauan kerja BUMDes. Hal itu penting karena BUMDes baru dibentuk dan butuh pendampingan.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Gombong Sigit Harsono, S.H, mengatakan, Pemerintah Kecamatan Gombong sudah mendorong pemerintah desa untuk membentuk BUMDes di masing masing desa. Pembentukan dilaksanakan sesuai dengan kebijakan dari pemerintah pusat. Keberadaan BUMDes diharapkan mampu mengangkat potensi dan meningkatkan pendapatan desa.

“Setelah dilakukan pelantikan pengurus kami minta untuk aktif dalam mengelola BUMDes. Jadi tidak sekedar nama tapi ada kegiatan nyata yang bisa jadi andalan masyarakat dan desa setempat,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur BUMDes ESA Desa Kedungpuji Sefudin, S.E., S.Kom mengatakan, sudah menyusun program jangka pendek dan panjang dalam pengelolaan BUMDes. Salah satu programnya jangka pendek yakni mengelola dan mengoptimalkan lapangan desa dan Aula Balaidesa agar berdaya guna dan lebih maksimal pengelolaannya. Selain itu juga menyiapkan program lain berupa pembangunan dan pengelolaan kios dan pengelolaan sumber alam lainnya yang potensial.

Program jangka panjang juga disiapkan dengan berencana melakukan penataan dan pengelolaan tanah kas desa untuk dikelola BUMDes. Tanah tersebut masuk dalam rencana untuk dibangun menjadi sebuah bangunan tertentu.

Sefudin menambahkan BUMDes ESA Desa Kedungpuji akan menumbuhkembangkan ekonomi kreatif dalam rangka meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Meningkatkan Pendapatan Asli Desa atau PAD untuk meningkatkan pembangunan dan pelayanan pada masyarakat. Memantapkan kehidupan sosial bagi masyarakat.

BUMDes ESA Kedungpuji akan membuat analisa ekternal maupun internal. Perencanaan strategis akan dilakukan dengan program-program kerja yang sudah direncanakan dan indikator kerja utama disertai dengan pendapatan dan biaya selama 5 tahun. Usaha keuangan dimulai dengan kebutuhan dalam usaha-usaha skala mikro dan industri suatu usaha ekonomi.

“Kami yakin akan mengembangkan dan memajukan BUMDes ESA Desa Kedungpuji Kecamatan Gombong sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” tandasnya yang juga lulusan STMIK Amikom Purwokerto baru-baru ini.

“Kedepan akan kami bangun sebuah wahana wisata dan outbond. Sebab kami lihat di Kedungpuji belum ada wahana seperti ini,” imbuhnya. (sfd)

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Siswa diajarkan makna Hari Raya Idul Adha dengan Berkurban

GOMBONG (MadugoNews) – Perayaan Idul Adha 1439 Hijriah menjadi istimewa bagi warga sekolah khususnya siswa-siswi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *