Home / BERITA TERKINI / Ratusan Pelajar ikuti Pelatihan menulis

Ratusan Pelajar ikuti Pelatihan menulis

Saifudinmadugo.com (Sempor) – Sebanyak 117 peserta mengikuti pelatihan menulis yang dilaksanakan oleh Pokja Penyuluh Agama KUA Kecamatan Sempor di Masjid Ummu Hafshah Sempor, Sabtu (14/5). Peserta tersebut merupakan siswa SMA/MA/SMK/SMP/MTs di Kecamatan Sempor dan Gombong.

Kegiatan yang bertajuk “Menulis Kreatif itu Asyik” itu, menghadirkan dua motivator yakni Ketua Umum Komunitas Penulis Krearif (KPKers) Indonesia, Adrie Noor dengan nama lengkap Adrie Mesapati, S..Si. dari Bandung dan Pengurus Pusat Komunitas Penulis Krearif (KPKers) Indonesia bidang Pembinaan Fiksi, dan Penulis Buku “50 Misteri Dunia” menurut Al-Qur’an dari Bandung Arnie Sanibe dengan nama lengkap Hj. Enung Suwarni Sanibe, S.E.

Ketua Panitia Pelatihan Menulis H.M. Joko Purnomo dalam sambutannya menyampaikan, budaya ilmu adalah wasilah terbentuknya peradaban utama, di dalamnya tercakup kebiasaan membaca dan menulis. Fakta yang ada ternyata demikian rendah antusiasme masyarakat dalam hal membaca apalagi menulis.

“Untuk itu maka pelatihan menulis kreatif bisa dijadikan alternatif jawaban terhadap persoalan tersebut. Semoga kegiatan tersebut bisa membekali dan menginspirasi para pemula penulis dan memberikan pengetahuan ilmu menulis serta pentingnya pemanfaatan menulis dengan baik dan benar,” terang Joko.

“Selain itu juga supaya mereka bisa lebih giat lagi menulis serta menghidupkan mading yang ada di sekolah mereka, terutama agar para siswa bisa mengembangkan bakat dan karya tulis menulis mereka. Dan agar mading yang ada, bisa terus dihidupkan dengan tulisan-tulisan mereka juga,” ungkap Joko.

Joko berharap, pelatihan ini bisa digelar secara berkelanjutan guna memicu semangat para remaja / siswa dalam mengembangkan karya menulis. Selain itu juga, kata dia, kegiatan ini bisa memberikan motivasi kepada ratusan siswa tersebut untuk mengembangkan bakatnya dalam bidang membuat karya tulis di sekolahnya.

“Kami berharap nara sumber bisa berkelanjutan untuk terus menyalurkan ilmu menulisnya kepada para peserta tersebut, sehingga para siswa yang hadir memiliki bekal ilmu menulis yang baik,” Pungkas Joko

Senada dengan Penyuluh Agama KUA Kecamatan Sempor Bambang Purwanto, S.Ag. ketika dijumpai saifudinmadugo.com disela-sela acara menyampaikan, setelah para peserta itu mengikuti pelatihan penulis diharapakan siswa-siswi tersebut mampu mencerna dan mengimplemantasikan hasil dari yang telah mereka dapatkan tentang pelatihan menulis.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, semoga mading sekolah akan semakin lebih baik, berwarna dan siswa-siswi yang telah mengikuti bisa mencerna hingga bisa mengimplementasikannya dengan terus berkarya dalam ilmu menulis, dan yang paling penting nantinya ada tindak lanjut dari acara ini dengan membuat Komunitas Penulis Kreatif Kabupaten Kebumen,” harap Bambang.

Sementara itu, Ketua Umum Komunitas Penulis Krearif (KPKers) Indonesia, Adrie Noor menjelaskan, dirinya akan terus berupaya menjadi sahabat para pelajar yang bersungguh-sungguh untuk mengembangkan kemampuan di bidang tulis menulis. Selain itu, menurutnya, juga akan terus mengampanyekan minat menulis di seminar dan group FBnya.

“Kami akan terus melakukan kampanye minat menulis dengan baik dikalangan remaja, khususnya pelajar. Jangan sampai ilmu yang telah didapatkan dari kegiatan ini hanya untuk dirinya sendiri,” tandasnya.

Arnie Sanib dalam kesempatan itu memaparkan, tips-tips untuk menjadi penulis yaitu banyak membaca dan terus berlatih menulis, tulislah apa yang terlintas dalam pikiran, lupakan dulu EYD/EBI, alokasikan waktu untuk menulis setiap hari, alokasikan waktu untuk membaca minimal 2 jam setiap hari, miliki daya imajinasi dan kuasai bahasa yang kreatif, mengikuti Pelatihan atau Workshop Menulis.

Arnie menambahkan mulailah menulis apa yang terpikirkan, terlihat, terdengar, dan terbaca dari lingkungan sekitar atau sikap/perilaku orang lain. Selalu membawa catatan untuk merekam ide, kapanpun ide itu muncul, menulis dengan keikhlasan dan ketulusan.

Dia mengatakan, mengingat pentingnya keterampilan menulis itulah, kita berkomitmen untuk mendampingi para generasi muda, khususnya para pelajar, memberikan satu ilmu yang memiliki peranan besar di era globalisasi tersebut. “Pelatihan pada pagi ini, misalnya, adalah bagian dari upaya melatih adik-adik pelajar, agar tidak ada kesenjangan dalam dunia menulis,” paparnya.

Termotivasi Menulis
Mengikuti Pelatihan Menulis itu, ratusan peserta yang hadir, pun mengaku sangat termotivasi untuk mempelajari bidang penulisan. Juli Lestari (17), misalnya, siswa SMA PGRI Gombong ini, mengaku tertarik dengan pelatihan kepenulisan yang dikemas secara gayeng itu.

‘’Kegiatan ini sangat menarik dan mampu memberikan wawasan yang cukup banyak tentang dunia penulisan,’’ ungkapnya penuh semangat.

Dia pun berkomitmen berlatih dengan giat dan sungguh-sungguh, agar bisa menghasilkan karya-karya yang terbaik. “mengikuti pelatihan menulis ini, saya jadi tergugah untuk mendalami teknis menulis yang insya Allah saya akan selalu unggah di blog saya, www.julilestari.blogspot.co.id ,’’ tuturnya sambil mengenalkan blognya.

Jihan Nida Zhafira, siswa SMP IT Logaritma Karanganyar, mengutarakan hal senada. Remaja yang aktif dalam menulis cerpen di sekolahnya, mengaku mendapatkan tambahan pengalaman dan wawasan di bidang menulis.

‘’Saya sangat senang mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan menulis ini. Semoga ke depan pelatihan seperti ini bisa digelar lagi,’’ harap gadis kelahiran Kebumen, 3 Mei 2002, yang gemar menulis cerpen sejak di bangku Sekolah Dasar (SD). (SaifudinMGD)

Supported  by :

sponsor_____________________________________________________

Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami.
Layanan Liputan dan Iklan di Website kami : 081327736138 Email: saifudinmadugo@yahoo.com

sponsor2

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Apa sih printer multifungsi yang hemat dan bagus?

GOMBONG (wartagombong.com) – Saat ini memang banyak pilihan printer multifungsi atau istilah lain adalah printer …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *