Home / DESA KEMUKUS / Ratusan Warga Nahdliyin menghadiri Seminar Sehari dan Pelantikan MWC NU Kec. Gombong

Ratusan Warga Nahdliyin menghadiri Seminar Sehari dan Pelantikan MWC NU Kec. Gombong

Gombong (Kamis,19/2/2015) Ratusan warga Nahdliyin menghadiri acara Seminar Sehari dan Pelantikan Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Gombong masa khidmat 2015-2020.

Para pengurus baru dilantik langsung oleh Ketua Pengurus Wilayah (PWNU) Propinsi Jawa Tengah Drs. H. Abu Hafsin, MA., Ph.D., di Halaman Gedung TPQ Ngisommuddin Kemukus, Gombong Kabupaten Kebumen.

Pelantikan ini dihadiri oleh Ketua Pengurus Pusat Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Pusat, HZ. Arifin Junaidi, Ketua PWNU Jawa Tengah, Drs. H. Abu Hafsin, MA., Ph.D., Ketua PC NU Kabupaten Kebumen, K.H. Drs. Masykur Rozak, M.Pd.I, Ketua PC LP Ma’arif Kebumen, Dr. Imam Satibi, M.Pd.I, Kemenag Kab. Kebumen, Hadir pula seluruh Muspika Kecamatan Gombong, Kepala Sekolah MI, MTs, MA, SMK Ma’arif se Kabupaten Kebumen, Kepala Desa Se Kecamatan Gombong, Pengurus Ranting NU dan Muslimat NU se Kecamatan Gombong.

Ketua Panitia Kyai Fathul Hilal dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dilantiknya pengurus MWCNU Kecamatan Gombong masa khidmat 2015-2020 dengan harapan dapat melaksanakan tugas dan mengemban amanah dalam melaksanakan pengabdian di tengah-tengah masyarakat.

Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen K.H. Drs. Masykur Rozak, M.Pd.I, berpesan supaya pengurus NU dapat berkhidmat kepada masyarakat untuk mengawal akidah ahlussunnah wal jamaah serta turut mewujudkan umat beragama yang kondusif, berperilaku santun dan berakhlakul mulia. Selain itu, sebagai organisasi jam’iyyah NU agar melestarikan nilai-nilai luhur budaya bangsa sesuai akidah ahlussunnah wal jamaah,” ungkap Masykur Rozak.

Menurutnya, pada intinya pengurus NU memiliki tiga macam tugas pokok dan fungsi yang harus dilakukan di tengah-tengah masyarakat. Yaitu, melaksanakan kegiatan sosial, kemasyarakatan dan keagamaan.

“Pengurus NU harus bersinergi dan bersama-sama serta saling mendukung dengan semua pihak untuk kemakmuran masyarakat. Indahnya sebuah kebersamaan jika dilakukan dengan keikhlasan demi berbuat di tengah-tengah masyarakat,” jelasnya.

Dalam pelantikan tersebut Drs. H. Abu Hafsin, MA., Ph.D. Juga memberikan Tausiyah agar pengurus MWCNU Kecamatan Gombong Masa Khidmat 2015-2020 yang baru dilantik dapat membentengi umat, agar Umat NU di Kecamatan Gombong dan Kabupaten Kebumen pada umumnya dapat belajar dan memahami Islam ala Ahlussunah Wal Jama’ah.

Seminar Sehari 
Tema “Penguatan Lembaga Pendidikan Islam dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean”
Prof. Dr. Phil. Nurcholis Setiawan, MA

Seminar sehari yang di selenggarakan bersamaan dengan acara pelantikan pengurus MWC NU Kecamatan Gombong ini mendapat apresiasi sangat tinggi oleh semua peserta yang hadir. Terlihat antusias jamaah dengan tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan pada sesi tanya jawab.

Dua Nara Sumber seminar sehari dengan tema “Penguatan Lembaga Pendidikan Islam dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean”. Prof. Dr. Phil. Nurcholis Setiawan, MA. Direktur Madrasah dan Ponpes Kemenag Jakarta dan HZ. Arifin Junaidi Ketua Pengurus Pusat Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Pusat“ Jakarta dengan Moderator Drs. H. Dawamudin, M.Ag. Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kebumen

HZ. Arifin Junaidi

Dalam penyampaiannya HZ. Arifin Junaidi yang dikenal dengan sebutan Arjuna ini bahwa Akses-akses yang dimiliki lembaga Ma’arif untuk kepentingan penguatan kelembagaan sekolah dan madrasah Ma’arif karena Keunggulan kuantitas sekolah-sekolah NU, Madrasah-madrasah NU, sekolah-sekolah Ma’arif dan Madrasah Ma’arif tidak diimbangi dengan keunggulan kualitas. Untuk itu Lembaga Ma’arif kerjasama dengan berbagai pihak.

“Kerjasama antara Lembaga Ma’arif dengan berbagai Pihak kita berharap nanti kedepan tentu saja lulusan-lulusan dari sekolah Ma’arif dapat mewujudkan Sumber Daya Manusia yang penuh dengan skill, sikap, iman dan taqwa sehingga menjadi anak yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, keluarga dan masyarakatnya”, imbuh Arjuna.

Beliau juga menyampaikan ketegasan bahwa Lembaga Ma’arif mempertahankan Kurikulum 2013. Karena kurikulum 2013 adalah khitoh pendidikan di Indonesia yang implisit dengan pelajaran yang mencakup pengembangan ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap atau akhlak. Tegas Arjuna.

Sementara itu Prof. Dr. Phil. Nurcholis Setiawan, MA. Direktur Madrasah dan Ponpes Kemenag Jakarta menyampaikan bahwa Pendidikan di negara Indonesia ini harus mampu memberikan wawasan bagaimana agar seseorang atau peserta didik harus mampu menjadi orang yang dicari oleh riski jangan mencari riski. Jadilah orang-orang yang memiliki keunggulan kompetitif inilah konsep pendidikan yang harus kita terapkan. Tegasnya

“Kalau kita mampu memanfaatkan sektor pendidikan yang terampil dan mempunyai omnesty atau kejujuran, maka kita tidak perlu risau dengan jumlah peserta didik yang jumlahnya banyak. Tinggal bagaimana semua instansi-instansi pemerintah dan mitra kerja pemerintah yaitu masyarakat sinergis, ada satu kebersamaan sekaligus mempunyai visi yang sama kedepan lalu melakukan langkah demi langkah secara simultan dan terarah serta terukur”. Imbuhnya

Kesimpulan dari Direktur Madrasah dan Ponpes Kemenag Jakarta pada seminar tentang Penguatan Peran Lembaga Pendidikan Islam dalam MEA ini, yang pertama tentang cara pandang interaksi sosial manusia sebagai interchange of service; yang kedua bahwa hal tersebut menuntut dua bekal yang penting, yaitu Softskill competence dan Omnesty; yang ketiga bahwa kesemuanya itu sebenarnya sudah disiapkan dalam lingkungan LPI; yang keempat bahwa persoalan yang patut diperkuat adalah persoalan Self convidence”. (SaifudinMDG)

_______________________________________________________

Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami.
Layanan Liputan : 081327736138 | Email: saifudinmadugo@yahoo.com

SAIFUDIN-23-1-1024x294

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Puncak HSN GP Ansor Kebumen, Ribuan Peserta ikuti Kirab Santri Pangeran Diponegoro

GOMBONG (www.wartagombong.com) – Pengurus Gerakan Pemuda Ansor Kebumen Barat mengadakan sejumlah kegiatan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *