Home / ABOUT MADUGO / Siswa diajarkan makna Hari Raya Idul Adha dengan Berkurban

Siswa diajarkan makna Hari Raya Idul Adha dengan Berkurban

GOMBONG (MadugoNews) – Perayaan Idul Adha 1439 Hijriah menjadi istimewa bagi warga sekolah khususnya siswa-siswi SMK Ma’arif 2 Gombong Kabupaten Kebumen. Pasalnya pelaksanaan shalat id dan penyembelihan hewan qurban dipusatkan di sekolah setempat, Rabu (22/8/2018) pagi. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh guru, karyawan serta siswa yang berjumlah 1.113 orang.

Kepala SMK Ma’arif 2 Gombong Ngadino, S.Kom menjelaskan, pihaknya melakukan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban bertempat di sekolah bermaksud agar siswa dapat memaknai arti kurban yang sebenarnya dalam kehidupan dengan meneladani ketaqwaan dari kisah nabi Ibrahim AS dan nabi Ismail AS.

“Ini merupakan bentuk pembelajaran siswa untuk berqurban, semua belajar bagaimana cara berkurban dengan makna yang terdalam, bahwa pengorbanan itu diperlukan dengan tujuan yang baik, inti dari pada qurban itu sendiri artinya mengorbankan sesuatu yang kita senangi hanya karena mengharap ridho dari Allah SWT,” jelas Ngadino kepada MadugoNews.

Menurutnya, dengan berkurban, siswa dapat mengerti arti dari kebaikan dan keikhlasan. Selain itu, pihaknya juga mengajarkan arti gotong-royong dalam proses berkurban, baik dari mendistribusikan atau membagi–bagi, memotong daging hingga memasak bersama di sekolahnya.

“Dalam bentuk apapun kita sesungguhnya bisa berkurban, mengapa kami tempatkan pelaksanaan shalat id dan penyembelihan hewan qurban di sekolah?, karena berbagai kalangan masyarakat ada disini, jadi kita lebih mudah membagikannya, termasuk kita bagikan kepada masyarakat sekitar,” terang Ngadino.

Tidak hanya itu, Ngadino juga berharap dengan adanya kegiatan tersebut siswanya tambah bertaqwa kepada Allah SWT dan dapat mengimplementasikannya. “semoga kegiatan ini benar–benar mengajarkan siswa kami dalam meningkatkan ketaqwaan hingga masuk kesanubari mereka dan dapat dipraktikkan dalam kehidupannya” imbuhnya. (Sfd)

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Rayakan Idul Adha, SMK Madu Go Sembelih 10 ekor Kambing.

GOMBONG (MadugoNews) – Keluarga Besar SMK Ma’arif 2 Gombong Kabupaten Kebumen menyembelih sepuluh ekor kambing …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *