Home / ARTIKEL / Risma: UN Berbasis Komputer Lebih Efisien

Risma: UN Berbasis Komputer Lebih Efisien

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) membuat efisiensi waktu pengerjaan soal oleh siswa. Efisiensi waktu diperkirakan mencapai 50 persen dibandingkan ujian nasional dengan konsep lama.

Menurut Risma, sapaan akrabnya, NBK lebih memudahkan para siswa sebab mereka tidak perlu mengeblok lingkaran seperti konsep ujian nasional sebelumnya. Selain itu, peserta UN yang ragu-ragu dengan jawaban bisa memilih jawaban dengan tanda warna kuning, jika jawaban benar maka akan tetap mendapat nilai.

“Anak-anak lebih tenang menggunakan [sistem UNBK] ini, tidak takut kalau jawaban tidak masuk di komputer. Kalau selama ini mereka bulet-buletin khawatir benar atau tidak,” kata Risma di sela-sela mendampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan melakukan inspeksi UNBK di SMA Hang Tuah 1 Surabaya, Senin (4/4).

Risma bercerita, tahun-tahun sebelumnya ia sering tidak tidur saat musim ujian nasional. Ia harus mengecek pengiriman soal termasuk pengamanan soal ujian. Ia juga mengaku ketakutan jika terjadi kecoboran soal, sebab akan membuat malu pemerintah kota Surabaya.

“Dengan komputer itu pengecekan soal sangat mudah dilakukan, jadi enggak mungkin bisa [bocor], misalnya satu daerah bocor, daerah lain tidak bisa menggunakan itu,” ucap Risma.

Ia menambahkan, tidak ada yang memberatkan dalam persiapan UNBK di Surabaya. Sebab, persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari. Salah satunya dengan membentuk 2.000 proktor (pengawas ujian) yang dilatih untuk mengawasi UNBK.

Source: www.replubika.co.id

Supported  by :

sponsor_____________________________________________________

Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami.
Layanan Liputan dan Iklan di Website kami : 081327736138 Email: saifudinmadugo@yahoo.com

sponsor2

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Apa sih printer multifungsi yang hemat dan bagus?

GOMBONG (wartagombong.com) – Saat ini memang banyak pilihan printer multifungsi atau istilah lain adalah printer …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *